Foto Bersama, Sesditjen Pendidikan Islam dan Direktur PAI bersama sepuluh guru PAI penerima anugerah GTK Kemenag

Foto Bersama, Sesditjen Pendidikan Islam dan Direktur PAI bersama sepuluh guru PAI penerima anugerah GTK Kemenag

Jakarta (Pendis) – Anugerah Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Berprestasi dan Berdedikasi dalam rangkaian kegiatan Malam Tasyakuran Hari Guru Nasional telah diumumkan. Sepuluh guru dan pengawas PAI ditetapkan sebagai guru berprestasi dan berdedikasi tahun 2023.

Malam Tasyakuran Hari Guru Nasional yang bertajuk Guru Pembelajar Bahagia Mengajar dihadiri oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, Dirjen Pendidikan Islam, M Ali Ramdhani, staff khusus, staff ahli dan tenaga Ahli Menteri Agama, jajaran pejabat Ditjen Pendis, para Kakanwil se Indonesia, dan pejabat eselon I, II, Kemenag RI, serta ribuan guru se Indonesia.

Dirjen Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani dalam laporannya mengungkapkan rasa bahagia dalam merayakan tasyakur hari guru nasional yang melibatkan guru binaan Kementerian Agama. 

"Malam ini kita merayakan hari guru dengan melibatkan guru binaan Kementerian Agama yang terdiri dari guru madrasah, guru PAI pada sekolah, guru pendidikan agama kristen, guru pendidikan agama katolik, guru pendidikan agama hindu, guru pendidikan agama buddha dan lainnya", ungkap Ramdhani di Gedung Basket Hall, Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (24/11/2023).

Pria yang juga akrab disapa Dhani mengingatkan peringatan hari guru ini juga merupakan bentuk komitmen bersama untuk terus meneguhkan cita-cita bangsa dalam mewujudkan Indonesia emas 2045. Selain itu, upaya Kemenag dalam pengembangan pendidikan bagi guru dan tenaga kependidikan diwujudkan dalam bentuk program yang kemudian disebut dengan program 4K.

"Khusus program kerja mengenai guru, maka kita mempunyai program kerja yang disebut dengan 4K yang meliputi Peningkatan Kompetensi, Kualifikasi, Karir, dan kesejahteraan yang terus dilakukan", tambah Dhani.

Untuk diketahui, sebanyak 380 guru dan pengawas PAI mengikuti seleksi anugerah guru PAI tersebut. Penetapan penerima Anugerah Guru PAI dilakukan setelah melalui rangkaian pendaftaran dan penilaian portofolio yang dilakukan oleh tim penilai dari Direktorat Pendidikan Agama Islam.

Adapun nama-nama penerima anugerah Guru PAI Berprestasi dan Berdedikasi adalah sebagai berikut:
Guru PAI Berprestasi dan Berdedikasi Jenjang PAUD/TK
Musfardilah, TK Pratiwi, Jember, Jawa Timur
Sri Harsiwi, TK Negeri Pembina Bantul, DI Yogyakarta

Guru PAI Berprestasi dan Berdedikasi Jenjang SD
Achmad Zainal Abidin, SDN Menanggal 601 Surabaya, Jawa Timur
Novi Handra, SD Negeri 04 Payakumbuh, Sumatera Barat

Guru PAI Berprestasi dan Berdedikasi Jenjang SMP
Emi Indra, SMP Negeri 1 Palu, Sulawesi Tengah
Syaekudin, SMP Negeri 1 Kebonagung, Demak, Jawa Tengah

Guru PAI Berprestasi dan Berdedikasi Jenjang SMA/SMK
Asti Triasih, SMA Negeri 2 Unggul Sekayu, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan
Hery Nugroho, SMA Negeri 3 Semarang, Jawa Tengah

Pengawas PAI Berprestasi dan Berdedikasi
Zurriati B, Kantor Kementerian Agama Kota Padang, Sumatera Barat
Musbahaeri, Kantor Kementerian Agama Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan

Demikian nama-nama penerima Anugerah Guru PAI Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2023. Selamat kepada para pemenang.