Tiga siswa MAN IC OKI peraih medali IABO 2022

Tiga siswa MAN IC OKI peraih medali IABO 2022

Kayuagung (Pendis) —Tiga siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Ogan Komering Ilir (OKI) berhasil merebut prestasi dalam ajang The International Applied Biology Olympiad (IABO) 2022 yang diselenggarakan oleh The Indonesia Scientific Society (ISS) Bekerjasama dengan PPPTK IPA di Bali. Ketiga siswa tersebut, yakni Fazli Mawla Pradi raih medali Emas, M. Assidiq Herbowo raih medali perak, dan Amir Zacky Muhammad Al-Muflih raih medali perunggu. 

Ketiga siswa tersebut berhasil bersaing ketat dengan peserta dari berbagai negara selama tiga hari, dari 1 s.d. 3 Juli 2022. Di babak final, mereka bertemu dengan finalis dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Bangladesh, Thailand, Vietnam, Kazakhstan, Mexico, Peru dan Singapore.

Kepala MAN Insan Cendekia OKI, Kiagus Faisal menyampaikan ucapan selamat sekaligus memotivasi ketiga siswa tersebut. 
“Alhamdulillah, congratulations Ananda semua, ini menjadi pacuan semangat bagi Ananda dan teman-teman semua. Sebagai bukti Madrasah itu Mandiri dan Berprestasi, go Internasional!,” ujar Faisal di Kayuagung, Ahad (03/07/2022).

Faisal berharap ketiga siswa ini dapat segera tiba di rumah masing-masing untuk selanjutnya melakukan intensif persiapan OSN dan KSM. Mereka akan mengikuti ajang OSN tingkat provinsi Sumsel dan seleksi KSM tingkat madrasah tahun 2022. 

Guru pembimbing, Umi Nadifah yang juga ikut mendampingi ketiga peserta, menuturkan bahwa kompetisi ini cukup menantang dengan skema tes yang kompetitif. 

“Finalis IABO diberi sebuah studi kasus tentang suatu penyakit, dan diberikan pertanyaan seputar penyakit tersebut, selanjutnya mereka diberikan waktu 2 jam untuk menyusun silde. Siswa kita mendapatkan paket studi kasus (topik) yang berbeda,” terang Nadifah. 

“Amir Zacky Muhammad Al-Muflih mendapat topik dengan kasus kelompok A, Assiddiq dan Fazli Mawla mendapat topik dengan kasus B,” sambungnya. 
Sebagai salah satu peraih medali, Assiddiq mengatakan topik yang diberikan juri cukup membuatnya termotivasi dalam menyelesaikan soal. 

“Topiknya kontekstual, jadi saya bener-bener termotivasi untuk menyelesaikannya. Ini juga sebagai motivasi untuk kompetisi berikutnya”, ujar Assiddiq. 

Ketiga peserta merupakan siswa delegasi MAN IC OKI yang lolos dalam ajang  Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang biologi tingkat kabupaten dan melaju ke tingkat Provinsi Sumatera Selatan.