Eny Retno Yaqut saat  menyemarakan Hari Anak Nasional 2022 dengan menyapa anak-anak di Raudlatul Athfal (RA) Purwanida 5 Nurul Fajar, Pabuaran, Bojong

Eny Retno Yaqut saat menyemarakan Hari Anak Nasional 2022 dengan menyapa anak-anak di Raudlatul Athfal (RA) Purwanida 5 Nurul Fajar, Pabuaran, Bojong

Bogor (Pendis)- Mendidik anak di era digital memiliki tantangan tersendiri. Tantangan yang tentunya sangat jauh berbeda dengan yang dimiliki orang tua kita dulu. Hal ini disampaikan Eny Retno Yaqut, Penasehat Penasehat  Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama saat  menyemarakan Hari Anak Nasional 2022 dengan menyapa anak-anak di Raudlatul Athfal (RA) Purwanida 5 Nurul Fajar, Pabuaran, Bojong Gede Bogor, Kamis (28/07/2022)

“Mendidik anak-anak  sekarang ini memiliki tantangan yang luar biasa dan tidak mudah,” ujarnya.

Memiliki  ‘challenge’ (tantangan) dan ‘obstacle’ (rintangan) yang berbeda,  dihadapi para orang tua saat ini  dengan para orang tua era dahulu. “Apa yang kita dapatkan dari orang tua kita dulupun, tidak dapat serta merta kita ajarkan kepada anak-anak kita karena eranya berbeda,”kata Ibu Empat anak ini.

Menyikapi hal ini, “Big No” jika orang tua menutup diri terhadap perubahan, sangat penting para orang tua selalu up grade kemampuan diri agar  tidak tertinggal dan up date berbagai hal terkait anak-anak,jika sebagai orang tua tertinggal, maka bagaimana mungkin untuk menghandle anak-anak,  ungkap Eny.

Lebih lanjut, Eny mencontohkan kehadiran teknologi digital berupa handphone yang satu sisi memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Namun di sisi lain jika tidak dikontrol, teknologi justru bisa membawa dampak negatif bagi anak-anak, begitulah kita perlu untuk up  grade diri, terlebih para Ibu yang kesehariannya lebih banyak Bersama anak-anak daripada para Ayah.

“Kecanduan teknologi yang mengakibatkan kelelahan fisik, gangguan sosial yang membuat anak menjadi kesulitan bergaul di dunia nyata, hingga menyebabkan anak kesulitan untuk berkonsentrasi. Peran orang tua untuk memberi arahan dan edukasi terhadap anak dalam pemanfaatan teknologi di era digital,” terangnya.

Dengan semangat HAN 2022 yang bertema  ‘Anak Terlindungi, Indonesia Maju’  Bunda Eny  mengimbau semua pihak, terutama orangtua untuk memberikan kasih sayang sesuai porsi yang dibutuhkan dan menjamin kesehatan mental anak.  

Puncak Hari Anak Nasional akan digelar di Jungle Land Advanture Park, Bogor pada 9 Agustus 2022. Acara ini akan dimeriahkan oleh serangkaian penampilan Pentas Anak-Anak Nasional, sejumlah permainan tradisional dan tari kolosal, tetabuhan, dongeng anak, dan orkestra. Acara tersebut rencananya akan dihadiri pula oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.