Kepala MTsN 1 Gorontalo, Karjianto menerima pengahrargaan Wajah Bahasa Sekolah tingkat Provinsi Gorontalo

Kepala MTsN 1 Gorontalo, Karjianto menerima pengahrargaan Wajah Bahasa Sekolah tingkat Provinsi Gorontalo

Gorontalo (Pendis) - Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Gorontalo meraih Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah tingkat Provinsi Gorontalo pada acara Puncak semarak Literasi Pekan pembaca dan penulis tahun 2022

Kepala Kantor Bahasa, Armiyati Rasyid saat membuka kegiatan tersebut menjelaskan rangkaian peringatan bulan literasi ini merupakan kolaborasi instansinya dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan serta Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Provinsi Gorontalo.

Kepala MTsN 1 Kota Karjianto yang menerima langsung penghargaan tersebut mengatakan penghargaan ini akan memberikan motivasi bagi sekolah lainnya sebagai rujukan best practice (praktik terbaik). Dan pentingnya menggunakan tatanan bahasa Indonesia pada ruang publik di sekolah.

“Harapan saya kita terus berbenah menjadi lebih baik. Ini juga menunjukkan keseriusan Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam pembinaan di sekolah/madrasah. Dan kita harap bisa menjadi aspek perhatian pemerintah Kabupaten/Kota bahwa pentingnya penggunaan tatanan bahasa negara di sekolah/madrasah,” ujar Karjito di gedung Bele Li Mbui, Kota Gorontalo, 
Jum'at (11/11/2022).

Karjito menerangkan, penilaian dilakukan berdasarkan variabel pengutamaan bahasa negara di ruang publik yang mencakup penilaian fisik kebahasaan, kaidah kebahasaan, dan tipografi kebahasaan, serta hasil verifikasi faktual. 

"Dewan juri memutuskan ada 3 lembaga baik Lembaga pemerintah, Lembaga Pendidikan dan Lembaga Swasta yang berhasil meraih juara penerima penghargaan Wajah Bahasa Tingkat Provinsi Tahun 2022," terangnya.

"Alhamdulillah MTsN 1 Kita meraih peringkat terbaik 3 kategori lembaga pendidikan,”.  ungkap Karjianto lebih lanjut.

Sebagai informasi bahwa sebelum penetapan pemenang dan penyerahan penghargaan, tim juri melakukan verifikasi faktual langsung ke sekolah terkait. (Rr/Ayiz)