CSSMoRA Gelar Aksi Layanan Kesehatan Gratis di Ajang MQKN 2023

CSSMoRA Gelar Aksi Layanan Kesehatan Gratis di Ajang MQKN 2023

Lamongan (Pendis) - Sebagai rangkaian dalam giat Musabaqah Qira'atil Kutub Nasional (MQKN) 2023 Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag RI menggelar Kemandirian Pesantren Expo 2023. Gelaran expo berlangsung selama 7 hari mulai 11-17 Juli 2023 bertempat di Pondok Pesantren Sunan Drajat Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Kemandirian Pesantren Expo 2023 menjadi ajang strategis bagi pesantren dalam memperkenalkan dan memasarkan produk-produk unggulan yang dimiliki. Pasalnya, puluhan ribu santri, pengelola pesantren, dan masyarakat umum dari seluruh nusantara diperkirakan akan datang berkunjung ke lokasi MQKN 2023 sebagai even tiga-tahunan yang dilaksanakan Kemenag.

Tercatat puluhan stand booth pameran terisi penuh oleh peserta expo yang terdiri dari unit-unit usaha mikro kecil dan menengah yang ada di pesantren. 

Selain unit usaha pesantren, Kemandirian Pesantren Expo 2023 juga diikuti oleh beberapa komponen masyarakat lainnya yang memiliki perhatian dalam mengembangkan pesantren. Salah satunya mahasiswa santri Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) yang tergabung dalam CSSMoRA. Mereka menggelar aksi layanan kesehatan gratis untuk 1000 warga pesantren di ajang Kemandirian Pesantren Expo.

Alhasil, giat MQKN 2023 semakin semarak dengan hadirnya layanan cuma-cuma yang ditawarkan CSSMoRA. Disela kesibukan berburu barang-barang produk pesantren, para pengunjung dapat melepas lelah sekaligus melakukan cek kesehatan, melakukan konsultasi dokter, atau sekedar ngobrol dengan mahasantri PBSB terkait tips-tips menjaga kesehatan.

Tidak sekedar memberi layanan kesehatan, CSSMoRA menjadikan even ini sebagai ajang memperkenalkan dan mempromosikan berbagai produk dan program yang dimiliki. Seperti memamerkan hasil karya ilmiah anggota CSSMoRA dan alumni PBSB, melakukan sosialisasi dan pendampingan PBSB kepada para santri dan masyarakat umum, dan lain-lain.

"CSSMoRA ikut Berpartisipasi di Kemandirian Pesantren Expo dengan berbagai bentuk kegiatan diantaranya cek kesehatan gratis, bazar produk unggulan CSSMoRA dan pameran hasil karya, Games and guesses ala CSSMoRA, Talk show PBSB, Special giveaway, doorprize, dan lain-lain," ujar Ketua Umum CSSMoRA Nusul Akbar di Lamongan, Kamis (13/7). 

Relawan kesehatan CSSMoRA di ajang Kemandirian Pesantren Expo - MQKN 2023

Nampak booth layanan kesehatan CSSMoRA tak pernah sepi dari pengunjung sejak pertama kali dibuka. Berbagai layanan CSSMoRA menarik perhatian baik para pengunjung expo, para santri, bahkan tamu undangan dan panitia MQKN turut memanfaatkan layanan gratis CSSMoRA.

Community of Santri Scholars of Ministry of Religious Affairs (CSSMoRA) merupakan organisasi tempat bernaung para mahasiswa penerima beasiswa santri berprestasi Kementerian Agama. Mereka terdiri dari mahasiswa berbagai program studi, baik kedokteran/kesehatan, sosial-humaniora, MIPA, dan lain-lain. CSSMoRA dengan berbagai programnya giat dalam kegiatan sosial dan pengabdian kepada masyarakat, terutama dalam membangun dunia pendidikan dikalangan santri dan pesantren.