Serapan Siswa SMK di PTN Minim

Serapan Siswa SMK di PTN Minim

YOGYA (KRjogja.com) - Serapan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Negeri masih minim, dibandingkan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Padahal peluang siswa sama besarnya dalam melanjutkan studi di PTN dengan beragam jalur seleksi.

Ketua Umum Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015 Prof Dr H Rochmat Wahab MPd MA mengatakan, sejatinya peluang siswa SMK untuk studi lanjut di PTN melalui SNMPTN juga cukup besar. Namun, justru banyak siswa SMK yang langsung terserap di pasar kerja.

Dikatakan Rochmat Wahab, SNMPTN ini digelar untuk menjaring semua siswa SMA/SMK/MA berprestasi. Bahkan, untuk meningkatkan daya saing tenaga kerja, khususnya bidang profesi teknik dan kejuruan, PTN juga membuka peluang studi lanjut bagi lulusan SMK.

"Dalam SNMPTN 2015, semua prodi yang dimiliki oleh UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) terbuka bagi semua lulusan. Saat ini, ada 55 Prodi dari enam Fakultas yang siap menampung calon mahasiswa baru tersebut," kata Rochmat Wahab, yang juga Rektor UNY ini, Kamis (05/02/2015).

Dalam SNMPTN 2015 ini, kata Rochmat Wahab, bagi Perguruan Tinggi Negeri Agama Islam (PTAIN), jalur seleksi yang bisa diikuti hanya untuk Prodi Keilmuan Umum, sehingga Prodi Keilmuan Berbasis Agama tidak masuk dalam daftar ikut seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) SNMPTN. "Contohnya di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka), tidak semua Prodi membuka jalur SNMPTN, hanya Prodi Umum yang bisa ikut seleksi," kata Rochmat Wahab.

Ketua Admisi UIN Suka Dr Chasmini mengatakan, dalam PMB di UIN Suka melalui jalur SNMPTN ini memang hanya membuka 19 Prodi. Apalagi, dalam PMB UIN, juga masih membuka jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPMB PTAIN), yang khusus diadakan oleh PTN berbasis agama.

"Tahun ini, dari 3.700-an total daya tampung, hanya 19 Prodi yang bisa menerima melalui jalur SNMPTN, sedangkan sisanya dari Prodi Berbasis Agama dipenuhi melalui jalur SPMB PTAIN," kata Chasmini, seraya mengatakan, pihaknya optimis animo masuk ke UIN Suka akan semakin naik. (Asa)


Tags: