Siswa MAN 1 Darussalam Ciamis Ahmad Prince Adilla lulus di Gansu  University of TCM, Tiongkok pada jurusan kedokteran melalui jalur beasiswa.

Siswa MAN 1 Darussalam Ciamis Ahmad Prince Adilla lulus di Gansu  University of TCM, Tiongkok pada jurusan kedokteran melalui jalur beasiswa.

Darussalam Ciamis (Pendis) – Siswa kelas XII Peminatan Keagamaan Madrasah Aliyah Negeri 1 Darussalam Ciamis Ahmad Prince Adilla berhasil diterima di Gansu  University of TCM, Tiongkok pada jurusan kedokteran.

Ahmad Prince Adilla diterima melalui jalur beasiswa setelah bersaing dengan ribuan pelajar lain dari seluruh dunia. Prince -sapaan akrabnya- merupakan salah satu peserta didik berprestasi di MAN 1 Darussalam Ciamis, alumni MTsN 5 Jakarta ini masuk ke MAN 1 Darussalam Ciamis dan memilih program Peminatan Keagamaan karena ketertarikanya untuk memperdalam ilmu agama berkeinginan menjadi ulama.

Peserta Didik yang hobi traveling dan aktif berkegiatan sosial ini mengaku bersyukur atas keberhasilanya diterima di salah satu perguruan tinggi di Tiongkok dengan jalur Beasiswa melalui program The Silk & Belt Scholarship.

Dikutip dari https://www.chinesescholarshipcouncil.com/ bahwa Beasiswa Belt and Road adalah program beasiswa penuh yang ditawarkan oleh pemerintah Tiongkok kepada siswa internasional yang ingin melanjutkan studi sarjana, pascasarjana, atau doktoral di Tiongkok. Beasiswa mencakup biaya sekolah, akomodasi, dan tunjangan bulanan untuk biaya hidup.

“Alhamdulilah sangat bersyukur bisa diterima kuliah di Luar Negeri, penantian yang cukup panjang dengan seleksi yang lumayan berat tentu menjadi hal yang tak terlupakan apalagi ini jalur beasiswa,” ujar Prince dalam keterangan yang diterima pendis.kemenag.go.id, Selasa (1/8/2023).

Ia menuturkan, tahap penyeleksian dilaksanakan melalui dua tahap yaitu; seleksi berkas dan wawancara. Menurutnya, pada tahap seleksi berkas ini  memerlukan persiapan yang matang, kemudian pada tahap wawancara kata dia juga tergolong sulit termasuk harus ada sertifikat HSK atau IELTS kalau dalam bahasa Inggris.

Ketika ditanya kenapa memilih Negara Tiongkok Prince menjelaskan bahwa Tiongkok adalah negara maju. “Ya tentunya saya sangat yakin memilih China atau Tiongkok, selain tertarik karena mempelajari bahasanya yang sulit hal lain yang jadi pertimbanganya bahwa Tiongkok adalah negara maju dan besar sehingga dipastikan kualitas pendidikanya sangatlah baik, apalagi kedokteran di Tiongkok sangat terkenal canggih dan berkualitas ditambah peluang setelah lulus Insya Alloh akan mudah diterima oleh di dunia kerja,” lanjutnya.

Prince mengaku sangat beruntung bisa mengenal MAN 1 Darussalam Ciamis karena selain mendukung potensinya, ekosistem di sekolahnya juga sangat membantu dalam mengarahkan dan memberikan sejumlah pertimbangan untuk memilih perguruan tinggi yang tepat, terutama kepada para siswa yang memang memiliki minat khusus untuk belajar di luar negeri.

“Ucapan terima kasih dan takdzim saya kepada seluruh pendidik di MAN 1 Darussalam Ciamis ini yang telah membimbing dan menempa saya selama 3 tahun ini, mudah-mudahan beliau semua diberikan usia yang panjang dan berkah serta Alloh SWT mudahkan dalam segala aktivitasnya.amiin,” pungkasnya.

Kepala MAN 1 Darussalam Ciamis Bapak Idan Nurdiana, menyampaikan rasa syukur dan ucapan selamat serta apresiasi yang tinggi pada Ananda Prince. 

“Alhamdulillah, Ananda Prince berhasil lulus beasiswa dari program Belt and Road Scholarship dari Tiongkok dan diterima di kampus Gansu University of TCM Jurusan Clinical Medicine (kedokteran) kampus yang berkualitas apalagi dengan beasiswa adalah hal yang sangat luar biasa. Semoga langkah awal ini akan bermanfaat dan membawa keberkahan untuk semuanya,” harapnya.

“Terima kasih pada seluruh dewan guru, orang tua dan semua pihak yang telah memberikan dukungan kepada Ananda Prince, semoga prestasi membanggakan ini memberikan kepercayaan bagi masyarakat untuk melanjutkan jenjang pendidikan menengahnya di MAN 1 Darussalam Ciamis."