Siswa XII IPS 1 MAN 1 Darussalam Ciamis Rifki Hilman Fauzi.

Siswa XII IPS 1 MAN 1 Darussalam Ciamis Rifki Hilman Fauzi.

Darussalam Ciamis (Pendis). Siswa XII IPS 1 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Darussalam Ciamis Rifki Hilman Fauzi berhasil meraih Juara 3 Nasional pada ajang Kompetisi Ekonomi Syariah Nasional yang merupakan rangkaian dari  Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia di Jakarta mulai 25-29 Oktober 2023.

Menukil dari situs Indonesia Sharia Economic Festival dimana salah satu kegiatanya adalah Kompetisi Ekonomi Syariah Nasional. KESN sendiri merupakan ajang kompetisi bidang ekonomi syariah yang ditujukan bagi siswa/i SMA/MA/SMK sederajat dari semua jurusan baik dalam negeri maupun siswa/i WNI yang bersekolah di sekolah Indonesia di luar negeri. Kompetisi ini menjadi sarana edukasi yang diharapkan mampu mencetak para siswa unggul dan berprestasi di bidang ekonomi syariah.

Peserta didik yang belum lama ini berhasil menjadi Juara 2 Nasional KSM Ekonomi Terintegrasi memang memiliki bakat yang sangat istimewa terutama dalam bidang Ekonomi sehingga tercatat ada beberapa kejuara yang berhasil dia dapatkan dari berbagai lomba yang diikuti dalam bidang Ekonomi.

Keberhasilan Rifki menjadi Juara tidak terlepas dari peran guru dan pembimbingnya Chusna Arifah bersama Riki Yakub Firdaus yang dinilai mampu membimbing dan memberi dukungan kepada Rifki. Tak hanya itu, peran madrasah juga tak terlepas dalam memberi dukungan serta memfasilitasi peserta didiknya yang memiliki bakat dibidangnya masing-masing. Hal tersebut sejalan dengan komitmen madrasah yang selalu mendukung dan mensuport peserta didiknya untuk mengeluarkan potensinya dan berpartisipasi dalam berbagai lomba.

Siswa yang akrab disapa Rifki ini mengaku bangga atas apa yang telah diraih ini. "Tentunya perjuangan untuk sampai Juara 3 membutuhkan proses dan usaha yang panjang tahap demi tahap tidak terlepas dari bimbingan, persiapan matang serta doa dari semua pihak, kegiatan dipesantren juga tentunya menjadi tantangan tersendiri bagaimana saya harus menyempatkan waktu memersiapkan lomba ini dengan maksimal,” ungkapnya, Senin (30/10/2023).

“saya bangga dengan sekolah ini dan mengucapkan banyak terimakasih kepada guru pembimbing dan suporting sistem dari MAN 1 Ciamis yang telah mewadahi bakat dan potensi siswa untuk mengikuti berbagai kompetisi”pungkasnya.
Kepala MAN 1 Darussalam Ciamis Idan Nurdiana, mengatkan bahwa bakat dan potensi peserta didik harus terus diasah dan dikembangkan. Disamping itu kata dia, peserta didik juga harus diberikan dukungan untuk mau berkompetisi dan bersaing dengan yang lain, madrasah kami tentunya akan terus berkomitmen dan mendukung para siswa yang memiliki potensi dan berani untuk ikut berkompetisi dengan memerikan bimbingan yang intensi.

“Selamat dan Sukses bagi didik yang telah membuktikan diri menjadi yang terbaik dan mampu bersaing secara nasional dengan sekolah yang lain, semoga prestasi ini terus dipertahankan dan memberikan motivasi kepada peserta didik lainya,” pungkas Idan.