Kelompok siswa dari MAN 1 Darussalam Ciamis peraih juara III bidang ekonomi pada Olimpiade Ekonomi Nasional.

Kelompok siswa dari MAN 1 Darussalam Ciamis peraih juara III bidang ekonomi pada Olimpiade Ekonomi Nasional.

Darussalam Ciamis (Pendis) - Kelompok siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Darussalam Ciamis yang terdiri dari Rafa Samudra, Rifki Hilman Fauzi dan Diandra Wafiyatunnisa berhasil meraih prestasi di bidang Ekonomi pada olimpiade Ekonomi Nasional yang diselenggarakan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta. Ketiganya merupakan siswa XI IPS 1.

Ajang ini merupakan tahun ke 19 kampus ini melaksanakan Olimpiade Ekonomi dengan mengusung Tema “Gen Z’s Role in Contrubuting to Optimize the Creative Economy’s Potential in the Context of the Sustainable Development Goals in 2045”.

Kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan kreatifitas serta  wawasan mengenai akuntansi keuangan dan ekonomi kreatif yang selama ini berkembang di masyarakat. Olimpiade Ekonomi Nasional ini dilaksanakan secara Nasional dengan metode daring dengan duatahap yaitu; babak penyisihan pada 17 Februari 2023 dan babak final pada 19 Februari 2023.

Rafa Samudra mengatakan, dirinya merasa bangga dan sangat bersyukur atas torehan prestasi yang diraih timnya ini. Ia mengaku, capaian ini tidak terlepas dari proses dan usaha yang panjang serta doa.

“Saya bangga dengan sekolah ini dan mengucapkan banyak terimakasih kepada guru pembimbing dan suporting sistem dari MAN 1 Ciamis yang telah mewadahi bakat dan potensi siswa untuk mengikuti berbagai kompetisi,”pungkasnya.

Menurut Rafa, keberhasilan ini tidak terlepas dari peran guru dan pembimbing juga  pihak madrasah juga tentunya memberikan suport serta memfasilitasi peserta didiknya yang memiliki bakat dibidangnya masing-masing.

Sementara itu, Kepala MAN 1 Darussalam Ciamis Idan Nurdiana menyampaikan bahwa bakat dan potensi harus terus diasah dan dikembangkan. Kata dia, pihak madrasah harus mendorong para siswanya untuk mau berkompetisi dan bersaing dengan yang lain. Hal tersebut sejalan dengan komitmen madrasah yang selalu mendukung dan mensuport peserta didiknya untuk mengeluarkan potensinya dan berpartisipasi dalam berbagai lomba.

"Madrasah kami tentunya akan terus berkomitmen dan mendukung para siswa yang memiliki potensi dan berani untuk ikut berkompetisi dengan memerikan bimbingan yang intensi,” katanya.

“Selamat dan Sukses bagi didik yang telah membuktikan diri menjadi yang terbaik dan mampu bersaing secara nasional dengan sekolah yang lain, semoga prestasi ini terus dipertahankan dan memberikan motivasi kepada peserta didik lainya,” sambung Idan.