3 Siswa MAN 1 Jembrana Peraih Medali pada Olimpiade Bahasa Indonesia 

3 Siswa MAN 1 Jembrana Peraih Medali pada Olimpiade Bahasa Indonesia 

Jembrana (Pendis) – Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jembrana meraih 3 medali pada Olimpiade Bahasa Indonesia (OBI). Tiga siswi MAN 1 Jembrana yang mengikuti OBI tersebut ialah Aqilla Shabrina Anwar sebagai peraih grand award sekaligus medali emas serta Nabila Wahyu Hidayah dan Kadek Thesya Aurelia Antara sebagai peraih medali perak. 

Olimpiade yang digelar dalam rangka memperingati Bulan Bahasa ini, diselenggarakan pada Bulan Oktober setiap tahunnya oleh PT Karya Yowana Bali Learning Center berkolaborasi dengan UPT Bahasa Universitas Udayana menyelenggarakan Gema Bulan Bahasa (GBB) Tahun 2023. 

Kegiatan ini merupakan kompetisi bagi siswa jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, dan mahasiswa diploma/sarjana di seluruh Indonesia. Gema Bulan Bahasa ini diadakan untuk memberikan ruang kepada peserta dalam menambah pengalaman serta mengasah kemampuan untuk mewujudkan insan cerdas berprestasi. 

Salah satu cabang lomba dalam GBB Tahun 2023 ini adalah Olimpiade Bahasa Indonesia (OBI). Materi yang dilombakan di dalamnya meliputi kemampuan membaca dan menulis yang juga merupakan materi dalam Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) masuk Perguruan Tinggi Negeri. Lomba dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2023 dengan menggunakan sistem daring. 
Kepala MAN 1 Jembrana, Agus Subagya mengatakan capaian ini merupakan bukti bahwa siswa-siswi MAN 1 Jembrana memang unggul di segala bidang.  Prestasi ini menambah deretan sumbangsih dari program Prestisius, khususnya dari tim Pusat Literasi dan Bahasa (Puslitbas). 

“Apa yang diraih Aqilla dan kawan-kawan tentunya menambah kebahagiaan MAN 1 Jembrana yang tengah menyelenggarakan Gebyar Peningkatan Bahasa dan Literasi 2. Insyaallah, putra-putri MAN 1 Jembrana selalu bisa diandalkan dalam segala bidang. Tidak hanya dalam bidang sains, tetapi mereka juga membuktikan keberhasilan di bidang lainnya, seperti bahasa,” ujarnya.

Aqilla yang merupakan salah satu peraih juara ini mengaku bahagia dan senang mendapat prestasi yang baru pertama kali diraihnya ini. Harapannya, kedepannya akan dapat mengikuti olimpiade dilain event.

“Perasaan saya ketika tahu menjuarai perlombaan ini, pastinya senang dan tidak menyangka. Ini pertama kali saya mengikuti Olimpiade Bahasa Indonesia dan alhamdulilah langsung dapat juara. Ke depannya, saya berniat untuk mengikuti lomba Bahasa Indonesia di event lain,” ujar Aqilla bersemangat.

(trb)