Hafizh Muhsin Afan (17), siswa MAN 4 Bantul berhasil meraih medali perunggu dalam kejuaraan daerah Tarung Derajat Pelajar Tingkat Provinsi Daerah Isti

Hafizh Muhsin Afan (17), siswa MAN 4 Bantul berhasil meraih medali perunggu dalam kejuaraan daerah Tarung Derajat Pelajar Tingkat Provinsi Daerah Isti

Bantul (Pendis)-- Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Bantul berhasil meraih juara 3 kompetisi Tarung Derajat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Tahun 2021, Sabtu (04/12/21). Hafizh Muhsin Afan (13) berhasil meraih medali perunggu dalam kejuaraan daerah yang digelar di Gedung Olahraga (GOR) UD Fajar, Jalan Wates KM. 9 Yogyakarta.

Wakil Kepala Bidang Kesiswaan MAN 4 Bantul, Dwi Mulyono, menjelaskan prestasi ini tidak diraih dengan mudah oleh Affan. Pada babak final, Afan yang berada di sudut biru terlihat kewalahan menerima serangan dari lawannya yang berada di sudut merah. Namun seiring berjalannya waktu, pesilat muda MAN 4 Bantul itu dapat mengontrol emosinya sehingga ia mampu membuat lawannya dari SMA 49 kerepotan.

Afan pun berhasil mendapatkan poin unggul dari ketiga dewan juri. “Saat pengumuman pemenang, para dewan juri serentak mengangkat bendera biru, Affan menang telak," kata Dwi Mulyono, yang juga bertindak sebagai guru pembina yang menemani Affan dalam pertandingan ini.

Secara terpisah, Kepala MAN 4 Bantul, Singgih mengucapkan syukur atas prestasi yang diraih anak didiknya. Ia menjelaskan, madrasahnya memiliki slogan "Prestasi Sebagai Tradisi" sehingga memberikan ruang seluas-luasnya kepada anak didiknya untuk mengembangkan bakat dan minat dan bakatnya. “Semua anak memiliki bakat yang besar, dan kami tertantang untuk menggali potensi itu,” katanya. (Uun)