Siswa MAN 4 Jakarta Peraih Juara 2 LKTI UGM

Siswa MAN 4 Jakarta Peraih Juara 2 LKTI UGM

Jakarta (Pendis)  – Tim riset siswa MAN 4 Jakarta Selatan meraih juara kedua dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional untuk Siswa SMA/SMK/MA, Selasa (13/02/2024).

Lomba ini diselenggarakan sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Festival Elektronika dan Instrumentasi di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.

Tim riset siswa yang terdiri dari Luna Buhairah Ramadhani (kelas XI.4) , Najla Nur Shadrina (Kelas XI.4), dan Khansa Naira Baidillah (Kelas XI.3), berhasil menarik perhatian juri dengan karya tulis berjudul “APLIKASI BYEBETES (BYE DIABETES): Pendekatan Berbasis AI Sebagai Pendeteksi Tingkat Keamanan Produk Makanan Kemasan bagi Penderita Diabetes Mellitus Tipe-1”.

Karya tulis ini menyoroti pendekatan inovatif untuk meningkatkan keamanan makanan kemasan bagi individu yang menderita Diabetes Mellitus Tipe-1.

Aplikasi BYEBETES yang mereka ciptakan memanfaatkan Kecerdasan Buatan (AI) untuk mendeteksi dan menilai tingkat keamanan makanan kemasan.

Setelah mengikuti dan melewati tahap kompetisi, Mereka berhasil  mencapai posisi di peringkat kedua. Dibimbing oleh Sri Suripti, S.Pd., M.Si., dan Raliyanti, S.Sos., M.Pd., para siswa menunjukkan dedikasi sebagai pembelajar dan semangat inovasi yang luar biasa.

Tahap final dan pengumuman pemenang diadakan pada tanggal 11 Februari 2023, di auditorium Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Wido Prayoga, M.Pd., kepala MAN 4 Jakarta Selatan, menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat kepada tim pemenang serta kepada mentor mereka atas prestasi yang diberikan.

Prestasi ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi MAN 4 Jakarta Selatan, tetapi juga menegaskan komitmen sekolah dalam mengembangkan bakat siswa dan mendorong inovasi di bidang ilmiah.

Semoga keberhasilan ini menjadi sumber inspirasi bagi seluruh komunitas sekolah dan mendorong semangat keunggulan di masa mendatang.