Siti Nurhabibah siswi MTs Negeri 2 Bogor.

Siti Nurhabibah siswi MTs Negeri 2 Bogor.

Pendis (Bogor) --- Siti Nurhabibah yang merupakan salah satu siswi Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Bogor berhasil menjuarai Pasanggiri Tarucing Cakra edisi September tingkat SMP, SMA, dan umum tingkat Jawa Barat dan Banten tahun 2023. Pasanggiri/perlombaan tersebut diselenggarakan oleh Pusat Digitalisasi dan Pengembangan Budaya Sunda Universitas Padjajaran Bandung yang bekerja sama dengan MGMP Bahasa Sunda Kota dan Kabupaten Bogor, Cabang Damaskus Bogor, dan Majalah Mangle pada 28-29 September 2023.

Siti berhasil meraih juara 1 Pasanggiri Tarucing Cakra setelah mengalahkan 168 peserta dari berbagai sekolah tingkat SMP se Jawa Barat dan Banten. Perlombaan tersebut dilaksanakan secara daring menggunakan google form. Siti mengatakan dirinya tidak menyangka dan sangat terharu dengan prestasi yang ia raih. Ini pertama kalinya. Ia mengaku tidak sia-sia selama ini mempelajari materi dan berlatih mengisi soal Bahasa Sunda sebelum lomba berlangsung.
 
“Alhamdulillah setelah menjuarai Pasanggiri Tarucing Cakra, saya sangat termotivasi untuk mengikuti lomba-lomba selanjutnya. Selain itu, banyak teman meminta saya untuk membagikan kiat-kiat kesuksesan yang saya raih serta meminta saya membagikan info lomba yang bisa diikuti siswa MTs” ungkap Bibah, sapaan Siti Nurhabibah. 

Sementara itu, Mupasiroh, guru Bahasa Sunda sekaligus pembimbing pasanggiri tarucing cakra juga merasa sangat bangga dan senang dengan antusias siswa didikannya untuk mengikuti perlombaan Bahasa Sunda di tengah kuatnya pengaruh budaya dan bahasa asing pada kalangan remaja saat ini dan berakhir mendapatkan juara. Bu Mup, sapaan untuk Mupasiroh mengharapkan siswa-siswi MTs lebih fasih dalam membaca, menulis, dan berbicara Bahasa Sunda dalam kehidupan sehari-hari sebagai salah satu melestarikan Bahasa Sunda.

“Adapun tindak lanjut dari lomba tersebut agar meningkatkan kecintaan terhadap Budaya dan Bahasa Sunda pada siswa MTs Negeri 2 Bogor.”  Ungkap alumni Bahasa dan Sastra Sunda Universitas Padjajaran itu. 

Dalam upacara bendera pada Senin (2/10/2023) Elly Nurlaely, Kepala MTs Negeri 2 Bogor menyampaikan selamat dan bangga kepada siswa berprestasi dalam amanatnya.  Beliau juga sangat mengapresiasi prestasi yang diraih siswa MTs Negeri 2 Bogor pada tingkat Jawa Barat dan Banten.  Beliau juga mengharapkan dengan keberhasilan tersebut dapat dijadikan motivasi siswa lainnya untuk meraih prestasi setinggi mungkin. (TN/Piki)