Peringkat tertinggi skor UKBI Adaptif Merdeka

Peringkat tertinggi skor UKBI Adaptif Merdeka

Bangka Tengah (Kemenag) – Siswi Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Bangka Tengah meraih peringkat tertinggi pada ajang Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka. Kegiatan ini diadakan oleh  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam data penilaian hasil uji yang dirilis Kantor Bahasa Bangka Belitung menunjukkan dari 1.386 Peuji di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Peringkat Tertinggi diraih oleh siswi atas nama Lubna Marwah Syahidah Alfaresi dari kelas XI IPA 2 dengan Skor 700 (Kategori Sangat Unggul).

Kepala MAN IC Bangka Tengah, Musran mengatakan sekitar 100 siswa dari Kelas X dan XI diikutkan dalam UKBI Adaptif Merdeka yang dilakukan dalam dua sesi.

“Alhamdulillah untuk sesi yang pertama ini dari 1.386 Peuji Provinsi Bangka Belitung, siswi kami atas nama Lubna Marwah Syahidah Alfaresi dari kelas XI IPA 2,  berhasil meraih peringkat tertinggi dengan skor 700,” jelas Musran di Bangka Tengah, Rabu (10/11/2021).

Bahkan peringkat tiga besar diraih juga oleh siswa MAN IC Bangka Tengah, ini prestasi yang membanggakan,” imbuhnya.

Musran menambahkan, dalam rilis yang dikeluarkan kantor Bahasa Bangka Belitung Sebanyak 7 siswa berasal dari MAN Insan Cendekia Bangka Tengah meraih peringkat hingga 13 Besar se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Diantaranya Nurul Azkiya dari Kelas X IPS 1 di peringkat kedua dengan Skor 672 (Sangat Unggul), dan peringkat ketiga diraih oleh Naufal Hafiz dari Kelas XI IPA 1 dengan skor 670 (Sangat Unggul).

Dikutip dari laman UKBI dari Kemdikbudristek UKBI memiliki fungsi yang amat strategis, tidak hanya untuk meningkatkan kualitas bahasa Indonesia, juga memupuk sikap positif dan rasa bangga masyarakat Indonesia terhadap bahasanya dan dimaksudkan untuk menyetarakan bahasa Indonesia agar sejajar dengan bahasa-bahasa besar di dunia.


Tags: # Madrasah