Pelepasan Faizah Adriansyah, siswi MTsN 6 Padang menuju Thailand dalam Internasional Junior Science Olympiad (IJSO)

Pelepasan Faizah Adriansyah, siswi MTsN 6 Padang menuju Thailand dalam Internasional Junior Science Olympiad (IJSO)

Padang (Pendis) - Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah melepas keberangkatan Faizah Adriansyah, siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 6 Padang menuju Thailand untuk mengikuti Internasional Junior Science Olympiad (IJSO), di Istana Gubernur Sumatera Barat, Sabtu (04/11/2023). 

Gubernur didampingi Kakanwil Kemenag Sumbar yang diwakili Ketua Tim Kesiswaan, Hami Mulyawan, Kakankemenag Kota Padang diwakiki Kasubbag TU Zulfahmi dan Kepala MTsN 6 Ramli, Guru pendamping Mareta Sari, Pertamawaty, Razali dan kedua orang Tua Faizah 

Mahyeldi dalam sambutan dan arahannya memberikan apresiasi dan selamat kepada Kanwil Kemenag Sumbar, Kemenag Kota Padang dan MTsN 6 Padang yang telah berhasil membina Faizah Adriansyah sehingga bisa masuk Internasional Junior Science Olympiad (IJSO) mengharumkan nama Sumatera Barat dan Indonesia di tingkat internasional.

Ia mengungkapkan Sumatera Barat mempunyai sejarah banyak melahirkan tokoh dan orang-orang hebat, Faizah sebagai bukti sumbar masih melahirkan orang hebat sehingga masuk prestasi bertaraf Internasional.

“Sumatera Barat mempunyai sejarah melahirkan tokoh dan orang-orang hebat seperti Bung Hatta, Agus Salim, Sutan Syahrir, Rahmah Elyunusiyah dan masih banyak yang lain, di minang mengalir darah sebagai pejuang dan pembela tanah Air, semoga ananda Faizah mwarisinya,” harap Mahyeldi.

Lebih lanjut Gubernur memberikan nasihat kepada Faizah untuk terus menjaga kesehatan, kosentrasi, optimis dan semangat. Mahyeldi juga memberikan Support dan dukungan terhadap Faizah.,  

"Nanti kegiatan Faizah akan dipantau lansung Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat,” ujar Gubernur.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sumatera Bara, Mahyudin ketika dikonfirmasi saat berada di Jambi mendampingi khafilah Sumatera Barat pada STQN ke 27 via telpon menyambut baik prestasi Madrasah mewakili Sumatera Barat di kancah Internasional. 

“Prestasi ini semakin mengokohkan jati diri madrasah sebagai lembaga pendidikan yang mandiri dan berprestasi,” tuturnya.

Kakanwil mengucapkan terimakasih kepada Bidang Pendidikan Madrasah, Kemenag Kota Padang, MTsN 6 Padang beserta guru pembimbing yang telah sukses membina peserta didik mengikuti IJSO yang berskala Internasional.

“Semoga semua usaha dan kerja keras untuk mencapai prestasi yang luar biasa ini, diberkahi Allah, dan selamat mengikuti lomba pada Faizah, tetap jaga stamina dan kesehatan,” pesan Mahyudin.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Hendri Pani Dias menuturkan Faizah Andriansyah adalah salah seorang dari 6 utusan Indonesia mengikuti pengembangan prestasi peserta didik khususnya dalam bidang riset dan inovasi sebagai partisipasi Pusat Prestasi Nasional, sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan pada ajang The 20th International Junior science Olympiad (IJSO) tahun 2023, yang merupakan kegiatan tahunan, mewadahi kompetisi para pelajar sekolah menegah pertama dalam bidang sains tingkat dunia, dilaksanakan di Bangkok Thailand.

“Delegasi Indonesia terdiri dari MTsN 6 Padang untusan Provinsi sumatera Barat, SMP As Shofa dan SMP Darma Yudha utusan Provinsi Riau, SMP Kristen 6 Penabur Provinsi DKI Jakarta, SMP Santa Laurensia Provinsi Banten,” jelas Hendri PD. 

“Faizah berangkat Minggu 5 November 2023  ke Kota Depok dan di Kerantina di Fevetel Depok  sampai  Keberangkatan ke Thailand tanggal 1 - 10 Desember 2023,” tambahnya. 

(egn)