Sosialisasi e-Dupak, Pranata Humas Apresiasi Biro HDI Kemenag RI

Sosialisasi e-Dupak, Pranata Humas Apresiasi Biro HDI Kemenag RI

Makassar (Humas UIN Datokarama Palu) - Pranata Humas UIN Datokarama Palu mengikuti kegiatan Sosialisasi e- Dupak yang diselenggarakan Biro Humas, Data dan Informasi Kementerian Agama RI yang dipusatkan di kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan, Rabu (6/7/2022).

Kegiatan ini diikuti oleh 52 Pranata Humas region Sulawesi dari berbagai satuan kerja Kementerian Agama RI, yaitu Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN), Kementerian Agama Wilayah, Kabupaten dan Kota, BDK Makassar, BDK Manado, dan UPT Asrama Haji Makassar. Pada kegiatan sosialisasi e-Dupak ini, Tim HDI Kementerian Agama sebanyak  6 orang yang dipimpin oleh Romadanil, Pranata Humas sekaligus Ketua Umum Ikatan Pranata Humas (Iprahum) Kementerian Agama. Selain, menyosialisasikan e-Dupak, tim HDI memberikan materi jurnalistik dan public speaking.

Sosialisasi ini dibuka secara resmi Kakanwil Kemenag Sulsel Khaeroni. Dalam sambutan dan arahannya menyebut jika Humas adalah bagian terpenting di Kemenag. Peranannya menyajikan informasi terkait kegiatan di Kementerian Agama baik secara langsung maupun melalui media sosial.

"Humas ini, orang sering menganggap kehadirannya tidak penting padahal humas merupakan satu-satunya yang mempublikasikan apa yang kita laksanakan," ungkap Khaeroni.

Menurutnya di era IT ini, pengguna media sosial sangat luar biasa. Dalam posisi ini, Humas telah mengambil peran penting dalam menyampaikan informasi yang objektif.
"Apalagi sekarang media sosial serangan-serangan luar biasa. Disinilah pentingnya peranan humas memberikan informasi yang objektif kepada masyarakat," pungkasnya.
Tidak hanya itu, Kakanwil Kemenag Sulsel juga harapkan jika Humas Kemenag dapat menjadi pendidik bagi masyarakat, utamanya menanggapi dengan bijak berita-berita yang sifatnya miring.

"Humas dapat juga membangkitkan semangat masyarakat dalam pendidikan. Membantu mencerdaskan masyarakat dengan meluruskan berita-berita yang sifatnya negatif," harapnya.

Koordinator Humas UIN Datokarama Palu, Muhdar yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengapresiasi kegiatan sosialisasi e-Dupak. “Saya mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Biro Humas, Data dan Informasi (HDI) Kementerian Agama. Sosialisasi ini penting bagi Pranata Humas”, katanya.

“Selama ini, penyusunan Dupak merupakan kegelisahan tersendiri bagi Pratana Humas PTKIN se- Indonesia. Khususnya bagi Pranata Humas yang disetarakan karena adanya penyederhanaan birokrasi. Melalui sosialisasi ini, kami berharap Pratana Humas bisa mengumpulkan angka kredit dan menyusun dupak”, lanjutnya.

Dalam kegiatan ini, Tim Biro Humas, Data dan Informasi (HDI) Kementerian Agama tidak hanya berikan materi E-Dupak, tapi juga menyajikan materi Publik Speaking Class dan Analisis Media Class. 


Tags: # UIN