Prof Dr Mujiburrahman MAg selaku Koordinator Kopertais Wilayah V Aceh

Prof Dr Mujiburrahman MAg selaku Koordinator Kopertais Wilayah V Aceh

Banda Aceh (Pendis) -- Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Tapaktuan menggelar acara wisuda  Angkatan ke VI dan VII di Aula Pendopo Bupati Aceh Selatan, Sabtu (5/08/2023). Prosesi wisuda Tahun Akademik 2022/2023 tersebut mengukuhkan 145 wisudawan .

Pada wisuda tersebut, turut dihadiri Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki yang diwakili Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh Syaridin, Asisten I Setdakab Aceh Selatan H Kamarsyah, Kapolres dan Dandim Aceh Selatan serta unsur Forkopimda Aceh Selatan

Dalam sambutannya, Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof Dr Mujiburrahman MAg selaku Koordinator Kopertais Wilayah V Aceh mengajak lulusan STAI Tapaktuan agar jangan cepat berpuas diri dengan ilmu yang telah dimiliki, harus terus belajar dan mempersiapkan diri untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

"Saya mengajak lulusan STAI Tapaktuan agar terus belajar dan mengajar ilmu yang telah Anda miliki. Dalam kaitan ini ada falsafah hidup yang mesti dicermati oleh para alumni kami, yaitu: Ilmu,Budi,Bakti. Ini merupakan Golden triangle (segi tiga emas) yang saling berkaitan untuk mencapai kesempurnaan hidup," kata Prof Mujiburrahman di hadapan para wisudawan, Sabtu (5/8).

Lebih lanjut, Rektor Prof Mujiburrahman mengingatkan bahwa dunia kerja saat ini terus berubah dengan cepat, oleh karenanya sangat penting untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat dengan terus mengikuti perkembangan zaman dan beradaptasi dengan teknologi.

Prof Mujib juga berpesan bahwa seyogyanya seorang yang telah berilmu mesti ia semakin mulia akhlak dan karakternya, bukan sebaliknya semakin rusak moralnya, sombong dan takabur. Kemudian dengan bekal ilmu yang kita peroleh mesti kita mengajarkan ilmu tersebut kepada orang lain dan juga amalan kita akan terus bertambah baik dari waktu ke waktu.

"harapan kami kepada para wisudawan dan wisudawati hendaknya terus belajar dan melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya, serta mengajarkan ilmu yang dimiliki kepada oaring lain dan masyarakat secara luas, serta mengamalkan ilmuanya dalam kehidupan keseharian," harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Prof Mujib juga mengajak para wisudawan agar mampu membawa diri menjadi pemuda dan pemudi Islam dengan keimanan yang tangguh, berakhlak mulia, berkarakter islami.

"Para lulusan STAI Tapaktuan harus memiliki kapasitas dan integritas yang baik, amanah dan jujur, menebarkan kebenaran dan kebaikan di tengah kehidupan masyarakat, bukan menjadi bahagian orang yang menebarkan kebathilan dan keburukan," ujarnya.

Di akhir sambutannya, Prof Mujib mengajak para wisudawan STAI Tapaktuan menjadi alumni sejati yang sentiasa menjaga dan mengharumkan nama baik almamater, serta berkiprah sebagai duta dan mitra untuk kemajuan perguruan tinggi ini di masa depan.

Selain itu, Prof Dr Mujiburrahman MAg selaku Koordinator Kopertais Wilayah V Aceh juga mengatakan bahwa Kopertais Wilayah V Aceh berkomitmen dan mendukung penuh pengembangan STAI Tapaktuan dan dan siap memfasilitasi apa yang dibutuhkan demi terwujudnya penegerian kampus tersebut.

Sebelumnya, Wakil Ketua I STAI Tapaktuan, Dr Tgk Muhsin MA dalam laporannya menyebutkan bahwa pada Tahun Akademik 2022/2023, STAI Tapaktuan meluluskan 145 wisudawan.

Adapun lulusan yang diwisuda berasal dari Prodi Pendidikan Agama Islam sebanyak 40 orang, Prodi HKI 47 orang, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) 42 orang dan Prodi Perbankan Syariah (PS) sebanyak 18 orang. []