Survei Beasiswa

Survei Beasiswa

Bangka (Pendis) - Satuan Pengawas Internal (SPI) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik (SAS) Bangka Belitung ikuti Survei Beasiswa KIP Kuliah jalur SPAN-PTKIN Tahun 2023, Beasiswa Bidikmisi dan KIP kuliah Pengganti Semesi Ganjil Tahun 2023, Beasiswa Pemprov dan Beasiswa Cahaya Pintar Semester Ganjil Tahun 2023.

Himmatul Ulyah, Sekretaris SPI sekaligus Dosen Akuntansi Syariah menjadi perwakilan dari SPI dalam mengawasi proses seleksi penerimaan beasiswa di IAIN SAS Babel yang digawangi oleh Akademik Rektorat.

Ulyah menjelaskan, peran SPI dalam proses penerimaan beasiswa adalah melakukan pengawasan dan memastikan bahwa penyaluran beasiswa KIP kuliah tepat sasaran. Seperti rekomendasi yang belakangan ini diberikan oleh inspektorat jenderal kementerian agama dalam evaluasi pemanfaatan bantuan KIP kuliah, bahwa SPI harus berperan penuh dalam semua proses pemanfaatan bantuan KIP kuliah, mulai dari proses penetapan peserta termasuk survey dan evaluasi serta monitoring bantuan KIP kuliah.

"Dengan survey ini semakin memahami bagaimana kehidupan mahasiswa yang sebenarnya. Bahwa ternyata masih banyak diantara mereka yang harus berjuang untuk bisa kuliah, yang rela mengesampingkan kesenangannya untuk bisa mengenyam pendidikan yang lebih tinggi," ungkap Ulyah sesaat setelah survei dilaksanakan.

Himmatul Ulyah survei beasiswa bersama tiga orang lainnya, yaitu Ika Robiantari, Mega Paraiyannie dan Tonghari ke Kabupaten Bangka Tengah, Kecamatan Pangkalan Baru, Namang, Simpang Katis hingga Sungai Selan. Survei dilaksanakan pada Selasa, 12 September 2023.

Sekretaris SPI itu berharap dengan adanya beasiswa ini, dapat menjembatani dan memotivasi mahasiswa IAIN SAS Babel untuk melanjutkan pendidikan pada tingkat perguruan tinggi, "Ternyata walau dari keluarga yang serba terbatas, diantaranya, ada yg yatim, piatu dan ekonomi yang pas pasan tetapi ternyata mereka masih bisa berprestasi. Semangat itu yang harus selalu dijaga, semangat untuk jadi lebih baik ditengah keterbatasan, semangat pantang menyerah untuk terus berjuang. Dan insyaallah dengan beasiswa KIP kuliah akan menjadi jembatan dan motivasi mereka jadi lebih baik," tutup Ulyah.