Direktur PAI, Amrullah didampingi Kasubbag TU Direktorat PAI, M. Firdiansyah

Direktur PAI, Amrullah didampingi Kasubbag TU Direktorat PAI, M. Firdiansyah

Tangerang (Pendis) -- Kementerian Agama RI akan memperluas cakupan peserta dan manfaat Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) hingga puluhan ribu guru PAI. Demikian disampaikan Direktur PAI, Amrullah dalam Focus Grup Discussin (FGD) Persiapan Rapat Koordinasi Pendidikan Agama Islam di Tangerang, Rabu (1/2).

Amrullah mengatakan, PPKB yang telah berjalan dalam beberapa tahun terakhir akan diperluas lagi cakupan peserta dan manfaatnya. "Saat ini kita telah memiliki SDM PPKB berupa pelatih nasional hingga pelatih daerah dari seluruh Indonesia. Tahun ini kita upayakan 80 hingga 100 ribu guru PAI dapat memperoleh pelatihan dari program tersebut," jelasnya.

Dalam rangka optimalisasi pelaksanaan, Amrullah mengatakan akan mereviu perangkat dan modul yang akan digunakan dalam pelatihan. "Kita reviu dulu modul dan perangkat pelatihan termasuk Sistem Manajemen Pembelajaran dengan melibatkan pakar pendidikan," terang Alumni UIN Jakarta ini.

Amrullah menambahkan, pola penyelenggaraan PPKB akan menggunakan skema hibrid dengan mengoptimalkan perangkat digital. “Pola penyelenggaraan akan berbasis digital baik dalam sumber pembelajaran ataupun metode pembelajaran,” ujarnya.

Terkait dengan konten, pria asal Banten ini mengatakan selain berorientasi pada penguatan kompetensi guru seperti kompetensi sosial, pedagogik, kepribadian, dan profesional, PPKB tahun 2023 juga akan terintegrasi dengan kompetensi guru abad 21 dan muatan nilai moderasi beragama.

Amrullah optimis PPKB akan menjadi langkah akseleratif dalam peningkatan kompetensi guru PAI secara nasional. “Dengan adanya PPKB ke depan kita harapkan ada peningkatan kompetensi guru PAI dan secara lebih luas dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di sekolah,” pungkasnya.

FGD Persiapan Rakor PAI ini diselenggarakan di Tangerang, dihadiri seluruh Kepala Subdit, para Pengembang Teknologi Pembelajaran pada Direktorat Pendidikan Agama Islam dan Tim Pusat PPKB.