Kampus UIN Ar-Raniry [Saiful Effendi]

Kampus UIN Ar-Raniry [Saiful Effendi]

Banda Aceh (Pendis) --- Kementerian Agama Republik Indonesia secara resmi meluncurkan kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tahun 2024. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas secara langsung menghadiri acara peluncuran yang berlangsung di Hotel Yuan Garden Pasar Baru, Jakarta, Jumat (19/01/2024) lalu.

Pada SNPMB 2024 ini, ada 76 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) akademik, 45 PTN Vokasi, dan 24 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) ikut berpartisipasi dalam jalur seleksi ini. 

Dalam arahannya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menekankan pentingnya inovasi dalam menarik minat para pelajar untuk mendaftar di PTKIN. Gus Men juga mendorong PTKIN untuk melakukan benchmarking dengan perguruan tinggi lain yang memiliki kualitas lebih baik.

Senada hal tersebut, Dirjen Pendidikan Islam M. Ali Ramdhani menekankan pentingnya sinergi dan dukungan antar sesama PTKIN dalam menjaring calon mahasiswa terbaik.

Untuk diketahui, pendaftaran untuk jalur SPAN PTKIN dibuka mulai 22 Januari 2024, sementara hasilnya akan diumumkan pada 2 April 2024 dan Informasi seputar SPAN PTKIN dapat diakses melalui https://span.ptkin.ac.id/page. 

Sementara, jalur UM PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh 58 PTKIN dan 1 PTN dengan Program Studi keagamaan yang izin operasionalnya diterbitkan oleh Kementerian Agama RI melalui ujian tulis berbasis Sistem Seleksi Elektronik (SSE).

Untuk jalur UM PTKIN ini rencananya akan dibuka mulai 6 Mei 2024. Informasi terkait UM PTKIN dapat diakses melalui laman: https://um.ptkin.ac.id/.

UIN Ar-Raniry Terima 7.175 Calon Mahasiswa Baru

Sementara itu, UIN Ar-Raniry Banda Aceh akan menerima 7.175 mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025 melalui tiga jalur, yakni jalur Kemendikbud dengan sistem Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), jalur PTKIN Kementerian Agama, dan jalur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) melalui Jalur Mandiri.

Sementara itu, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof. Muhammad Yasir Yusuf menjelaskan bahwa terdapat 16 Program Studi (Prodi) di UIN Ar-Raniry yang menerima mahasiswa melalui SNPMB 2024, serta 29 Prodi yang menerima mahasiswa melalui jalur PTKIN Kementerian Agama.

"Informasi lengkap mengenai penerimaan mahasiswa baru di UIN Ar-Raniry untuk semua jalur dapat diakses melalui https://ar-raniry.ac.id/admisi/," jelas Yasir.

Yasir merincikan, bahwa untuk jalur Kemendikbud SNPMB UIN Ar-Raniry dibuka melalui 2 skema yaitu skema Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan UTBK-SNBT dengan informasi detail terkait jalur ini dapat diakses melalui laman https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/.

Sementara untuk jalur PTKIN Kemenag, UIN Ar-Raniry menerima mahasiswa melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN-PTKIN) PTKIN dan Ujian Masuk (UM-PTKIN). []