Tak Hanya Dosen, Dekan FEBI Dorong Tendik Ikut Terbitkan Buku

Tak Hanya Dosen, Dekan FEBI Dorong Tendik Ikut Terbitkan Buku

Papua (Pendis)--Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Dr. M. Anang Firdaus, M. Fil. I mendorong semua sumber daya manusia di fakultasnya untuk menerbitkan karya ilmiah dalam berbagai bentuk.

“Tidak hanya dosen, tapi juga kepada tenaga kependidikan atau tendik agar dapat ikut menerbitkan buku sesuai kapasitasnya masing-masing,” ujarnya kepada tim Humas, 1 Februari 2023.

Beberapa waktu sebelumnya, para dosen FEBI IAIN Fattahul Muluk Papua telah menerbitkan berbagai buku referensi untuk menunjang literasi. Anang mengapresiasi para dosen yang telah menghasilkan suatu karya. “Semoga ini memberikan semangat dan motivasi bagi teman-teman dosen yang lain dan juga tendik untuk lebih produktif lagi dalam berkarya,” ungkapnya. Menurutnya, hal ini dapat memberikan citra yang baik bagi para penulis dan juga institut.

Dosen Bahasa Inggris Program Studi Ekonomi Syariah Wira Kafryawan, M.Hum menjelaskan bahwa buku terbitannya yang berjudul ‘Basic English Grammar’ merupakan buku referensi. “Sekaligus untuk pengembangan bahan ajar multidisiplin yang diperuntukkan untuk mahasiswa FEBI,” ujarnya. Wira berharap buku tersebut dapat menjadi media sharing/berbagi pengetahuan dan gagasan antar sesama mahasiswa. Senada dengan hal itu, dosen Ekonomi Syariah Imam Wahyudi M.E menambahkan bahwa pembuatan buku di FEBI ini sebagai bentuk kewajiban tridharma dan tuntutan akademik.

“Untuk memenuhi akreditasi fakultas sehingga para dosen membuat buku dengan berbagai macam tema sesuai dengan bidang keilmuannya masing-masing,” imbuhnya. Imam bersama timnya Akbar Jaya, M.Si membuat buku ‘Perbandingan Sistem Ekonomi’. “Pembuatan buku ini didasari pada kurangnya referensi buku di Papua dalam bidang tersebut sebagai bahan belajar mahasiswa,” terangnya. Menurutnya, buku ajar tersebut harus dipenuhi secara mandiri. “Sehingga proses pembelajaran khususnya di FEBI dapat berjalan maksimal,” imbuhnya.

Secara  terpisah, Wakil Dekan I FEBI Dr. Moh. Syarifudin, M.E.I dalam bukunya yang berjudul ‘Manajemen Resiko Bank Syari’ah’ memaparkan terkait 10 resiko Bank Syari’ah beserta solusinya. “Buku ini berisikan terakit penjelasan mengenai resiko kredit, resiko pasar, likuiditas, operasional, hukum, reputasi, strategik, kepatuhan, timbal balik dan investasi,” ungkapnya.

Menurutnya, selain sebagai bahan ajar mata kuliah Manajemen Resiko Bank Syari’ah di FEBI, buku ini bisa juga digunakan untuk praktisi perbankan secara umum. Sementara itu, Nani Hanifah, M.E.I dan Siti Alwya Syarif, M.Kom dalam bukunya ‘Ekonomi Manajerial’ menghadirkan teori dan metodologi dalam pembuatan keputusan di dunia bisnis dan administrasi. “Kami mengerjakan buku ini mulai dari awal hingga akhir tahun 2022, dan alhamdulillah bisa terbit tahun ini atas dukungan dari teman-teman FEBI,” terangnya.

Nani bersama timnya berharap buku ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, pelajar, dan mahasiswa. “Khususnya yang menjalankan bisnis atau yang ingin mengenal dan belajar dunia bisnis sekaligus sebagai referensi bagi dosen di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua,” tuturnya.

Dosen FEBI lain yang juga telah menerbitkan buku adalah Wakil Rektor II Dr. Amirullah, M.Ag (Fikih Muamalah; Dinamika Teori Akad dan Implementasi dalam Perbankan Syari’ah), Wakil Dekan II Dr.H. Syaiful Muhyidin, M.Ag (Studi Qur’an), Dr. M. Anang Firdaus, M. Fil. I (Berada Sedekat Mungkin dengan Allah; Perspektif Tasawuf), Fachrudin Fiqri, M.E dan Amris (Etika Bisnis dalam Perspektif Syariah), dan Abd. Karman, M.M (Studi Kelayakan Bisnis). (Za/Is/Zul/Her/Ran)