Terima Kunjungan Setneg RI, UIN Ar-Raniry Bahas Kerja Sama Bidang Pendidikan

Terima Kunjungan Setneg RI, UIN Ar-Raniry Bahas Kerja Sama Bidang Pendidikan

Banda Aceh (Pendis) --- Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh, Prof Dr Mujiburrahman MAg, menerima kunjungan perwakilan Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, di ruang kerja Rektor, Biro Rektorat UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, Rabu (27/9/2023).

Pertemuan ini dalam rangka membangun kerja sama untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang menjadi kunci keberhasilan Indonesia di masa depan. Selain itu juga dibahas terkait berbagai rencana program kerja dan kegiatan bersama antara UIN Ar-Raniry Banda Aceh dengan Kementerian Sekretariat Negara RI.

"Untuk menciptakan SDM yang unggul, Kemensetneg berkolaborasi dengan berbagai Universitas dan Lembaga Pendidikan di Indonesia, dan pertemuan hari ini di UIN Ar-Raniry merupakan bagian dari membangun kolaborasi dengan kelembagaan non pemerintahan," kata Kepala Biro Humas Kemensetneg, Eddy Cahyono Sugiarto, Rabu (27/9) saat mengawali diskusi.

Dalam pertemuan tersebut, Eddy menambahkan bahwa Kementerian Sekretariat Negara melalui Asisten Deputi Hubungan Masyarakat membuka peluang lebar terhadap para mahasiswa yang ingin memiliki pengalaman magang di lingkungan Sekretariat Negara.

"Kita memberi kesempatan kepada mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh untuk magang selama 3 bulan di lembaga kepresidenan, karena semua punya kesempatan yang sama. Begitu juga dengan mahasiswa yang dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh," ungkap Eddy Cahyono.

Dengan adanya kesempatan tersebut, diharapkan dapat menjadi sarana untuk para mahasiswa belajar sehingga sejalan dengan makna SDM unggul yang harus unggul dalam segala bidang sehingga mampu bersaing secara global memasuki era industri 4.0.

"Kegiatan ini untuk mengisi peran penting generasi muda dalam rangka Pembangunan SDM untuk optimalkan bonus demografi," terangnya.

Sementara itu, Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof Dr Mujiburrahman MAg menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas kunjungan perwakilan Kementerian Sekretariat Negara yang telah berkunjung ke UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

"Pertama, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Sekretariat Negara yang telah berkunjung ke UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Saya kira kunjungan ini sangat bermanfaat dan kita berharap akan ada kunjungan balasan ke Sekretariat Negara," kata Prof Mujib.

Dalam diskusi tersebut, Prof Mujib juga menyinggung terkait kesiapan kerja lulusan yang saat ini menjadi fokus utama Perguruan Tinggi, termasuk UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Untuk itu, melalui program-program Kampus Merdeka, Prof Mujib berharap para mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh diberi kesempatan untuk melaksanakan magang di lingkungan Sekretariat Negara.

"Pada 5 Oktober tahun ini, UIN Ar-Raniry Banda Aceh genap berusia 60 tahun, mohon dukungan dan doa sehingga di usia yang ke 60 tahun, kampus yang mulia ini bisa memperoleh akreditasi Unggul," ujar Mujib.

Selain itu, pada pertemuan tersebut turut juga dibahas terkait rencana mengundang Presiden Joko Widodo ke Aceh dalam rangka Milad ke-60 UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.

Hadir dalam pertemuan tersebut, perwakilan Kementerian Sekretariat Negara RI masing-masing, Kepala Biro Humas Kemensetneg, Eddy Cahyono Sugiarto, Asisten Deputi Hubungan Lembaga Non Pemerintah, M. Ari Setiawan, Satriyo Wibowo, Faisal Fahmi dan perwakilan dari Pokja Strategi Sosialisasi, Lastyo Kuntoaji Lukito dan Rais Muhammad dan Dendi Hilman dari satgas UUCK.

Sementara Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh di dampingi oleh Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof Dr Muhammad Yasir Yusuf, Ketua LP2M UIN Ar-Raniry, Dr Jasafat, MA dan sejumlah pimpinan lainnya. []