Wali Kota Solo saat menerima Obor POspenas IX

Wali Kota Solo saat menerima Obor POspenas IX

Solo (Pendis) - Obor Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) IX telas sampai di Stadion Sriwedari Kota Solo. Obor Pospenas ini diterima langsung oleh Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka dan diarak menuju  Balai Kota Solo, Selasa (22/11/2022).

Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka menerima obor yang telah diberangkatkan dari Grobogan dan melalui dua rute yakni Pondok Pesantren Girikusumo - Demak dan Pondok Pesantren Al Mas'udiyah - Blater - Semarang. Ia mengarak obor dari stadion Sriwedari hingga Balai Kota Solo bersama tim peserta kirab dan dimeriahkan dengan barongsai serta sambutan para pelajar di Kota Solo.

​​​​​​​

Kirab obor merupakan pra acara even Pospenas ke IX. Adapun pelaksanaan Pospenas akan berlangsung pada Rabu - Minggu, 23-27 November besok, dan Solo sebagai tuan rumahnya.

Gibran berharap pekan olahraga dan seni antar ponpes yang digelar di Solo dapat berjalan lancar. Menurutnya dengan digelarnya Pospenas di Solo dapat mempercepat pemulihan ekonomi. 

"Saya harap Pospenas ini, dapat mempercepat pemulihan ekonomi. Hotel-hotel, restoran, ojol semua kecipratan," ucapnya.

“Semoga Pospenas besok semuanya lancar. Besok (23/11) malam pembukaannya. Dibuka oleh Kementerian Agama di Stadion Manahan,” sambungnya.

Gibran menjelaskan, pada Pospenas ini akan ada beberapa cabang lomba. Di perlombaan cabang seni akan ada seni kaligrafi Islami, pidato bahasa Indonesia, pidato bahasa Arab, pidato bahasa Inggris, video film pendek, seni hadrah, dan stand up comedy. Sedangkan cabang olahraga yang diperlombakan ada atletik, senam santri, pencak silat, sepak bola, dan tenis meja.

“Ada banyak (yang diperlombakan). Pokoknya ada olahraga, hadrah, kaligrafi, dan sebagainya. Pesertanya dari seluruh Indonesia,” tutupnya.