6 Orang Mahasiswa Luar Negeri Asal Kamboja dan Thailand

6 Orang Mahasiswa Luar Negeri Asal Kamboja dan Thailand

Batusangkar (Pendis) – Sejumlah mahasiswa baru luar negeri Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar yang berasal dari Kamboja dan Thailand hari ini Senin, 16/10/2023 terima orientasi perkuliahan tahun akademik 2023/2024.

Mahasiswa luar negeri tersebut berjumlah 6 orang, mereka merupakan mahasiswa yang telah diterima pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2023, dalam orientasi ini mereka akan di berikan informasi tentang kampus dan sistem perkulihan di UIN Mahmud Yunus Batusangkar.

Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Prof. Marjoni Imamora, M.Sc dan seluruh unsur pimpinan menyampaikan ucapan selamat datang tiga mahasiswa asal Thailand yang sebelumnya tiga orang mahasiswa asing asal Kamboja yang akan menimba ilmu di “Kampus Sains Islam Refleksi Surau Minangkabau”

Kegaiatan ini juga bertujuan untuk menciptakan rasa nyaman, aman dan terwahadi, serta mengintegrasikan mahasiswa internasional dengan komunitas kampus, dan saling berinteraksi antar, dosen, karyawan dan semua mahasiswa UIN Mahmud Yunus Batusangkar, ujar Prof. Marjoni.

Lebih lanjut Rektor mengatakan kegiatan ini, meliputi pengenalan Universitas secara lengkap, Visi, Misi, proses pembelajaran di Fakultas, hingga berbagai fasilitas penunjang lainnya, serta pemahaman kebangsaan, keindonesiaan.

Ini merupakan upaya mengenalkan mahasiswa asing di indonesia, terutama diberikan pegangan bahwa UIN Mahmud Yunus Batusangkar adalah rumah bagi mereka. Artinya, jika ada masalah bukan sesuatu yang untuk dijadikan bahan debat tetapi harus dibenahi bersama-sama, “ujar Prof Bidang Fisika ini”

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahassiwaan dan kerjasama Dr. Sirajul Munir, M.Pd menyebutkan ke 6 mahasiswa asing ini, antara lain 3 orang dari Kamboja akan bergabung pada program studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dan 3 orang asal Thailand akan mengikuti perkuliahan pada program studi Pendidikan Bahasa Inggris (TBI).

Selanjutnya mereka akan menerima informasi ditingkat Fakultas, Unit dan lainya yang terkait dalam menunjang masa perkuliahan mereka selama di UIN Mahmud Yunus Batusangkar. “terang Munir”

Salah satu mahasiswa Internasional, Safi-e Chenae asal Thailand mengatakan bahwa ia sangat senang bisa berkuliah dan menuntut ilmu di Indonesia, khususnya di UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Ia berharap agar bisa menyelesaikan studinya tepat waktu, serta agar ke depannya bisa memberikan dampak baik bagi negera asalnya. (doni)