salah satu bagunan perkuliahan UIN MyBatusangkar

salah satu bagunan perkuliahan UIN MyBatusangkar

Batusangkar (Pendis) – Sebanyak 10 mahasiswa asing asal Thailand dan Komboja telah mendaftar ke Universitas Islam Negeri (UIN) Batusangkar melalui penjaringan beasiswa luar negeri pada Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun akademik 2022/2023.

Mahasiswa asing tersebut akan mengkuti perkuliah di UIN Mahmud Yunus Batusangkar pada jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Ilmu Alquran dan Tafsir (IAT) dan Pendidikan Bahasa Arab (PBA).

Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Marjoni Imamora mengatakan ini merupakan hasil tindaklanjut MoU di beberapa sekolah di negara-negera tersebut. Menurutnya, pandemi yang telah melandai mengharuskan pemerintah terus melakukan berbagai upaya dalam melakukan pemulihan dunia Pendidikan, termasuk di UIN Mahmud Yunus Batusangkar.

“Bergabungnya mahasiswa luar negeri ke UIN Mahmud Yunus Batusangkar, menjadi visi kita untuk menjadi kampus yang Bereputasi Global,” tegas Marjoni di Batusangkar, Senin (25/07/2022).

“Kita siap menfasilitasi mahasiswa luar negeri, seperti tempat tinggal, pembekalan bahasa dan lain-lain,” sambungnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Sirajul Munir secara terpisah membenarkan bahwa untuk tahun 2022 ini telah terdaftar mahasiswa asal Thailand dan Kamboja. Calon mahasiswa asal Thailand berjumlah 7 orang dari Tuntanjong School Thailand sedangkan mahasiswa asal Kamboja dari An-Nikmah Islamic School Potein 3 orang.

“Sementara persyaratan administrasi sudah mereka sampikan ke UIN Mahmud Yunus Batusangkar, saat ini pengurusan Kartu Izin Tinggal (KITA) dan Visa Izin Tinggal Sementara (VITAS) sedang kita siapkan,” jelas Munir.

Munir menerangkan sebelumnya sudah terdapat beberapa mahasiswa asing yang belajara di UIN Mahmud Yunus Batusangkar, seperti Malaysia, Vietnam, Thailand dan Kamboja.

“Sebelum ini sudah ada mahasiswa asing dari berbagai negara Asia Tenggara, seperti Malaysia, Vietnam, Thailand dan Kamboja, bahkan sudah ada yang menamatkan studinya di UIN Mahmud Yunus Batusangkar,” terangnya.