Foto : Dosen IAIN Langsa foto bersama pada acara  International Conference on University-Community Engagement (ICON UCE).

Foto : Dosen IAIN Langsa foto bersama pada acara International Conference on University-Community Engagement (ICON UCE).

Cirebon (Pendis) – Tiga dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa menjadi presenter di ajang International Conference on University-Community Engagement (ICON UCE). IAIN Syekh Nurjati Cirebon didaulat sebagai tuan rumah The 4th ICON UCE, 24-26 Oktober 2022. 

Pada kegiatan ini, IAIN Langsa mengirimkan 3 peserta yang artikel pengabdian kepada masyarakatnya berhasil lolos seleksi dan mewakili IAIN Langsa. Tiga dosen tersebut yaitu  Syarfina, M.Pd dengan judul artikel Assistance in the integration STEAM  Learning method  in Health aspect for Raudhatul Athfal Teacher to prevent Disease Transmition om early Childhood, Ritasari, M.Pd membahas artikel tentang Pendampingan penyusunan e-modul menggunakan aplikasi Heyzine untuk mendukung program digital Madrasah dan Shafrida, M.Ed mengupas artikel mengenai Empowering yeachers and leaners in English speaking day program to foster language Development at a Madrasah in Aceh setting. Sedangkan peserta training Dr. Muhammad Nur, M. Pd mengikuti training metode ASSET BASED COMMUNITY DEVELOPMENT (ABCD). 

Sekretaris LP2M IAIN Langsa yang dihubungi secara terpisah Dr. Muhammad Anshor,MA menyebutkan, keikutsertaan dosen penelitian pengabdian masyarakat  dalam even ICON UCE 2022 ini merupakan langkah awal bagi dosen di lingkungan IAIN Langsa agar memotivasi untuk melakukan penelitian di bidang pengabdian masyarakat.

“Kedepan pihaknya juga akan memfasilitasi dosen untuk mempresentasikan artikel terbaiknya di BCRR tahun 2022 yang diadakan di Gorantalo,”ujarnya.

Untuk diketahui, ICON-UCE merupakan event dua tahunan yang digelar Direktorat pendidikan Ginggi Islam Kememterian Agama RI. Pada tahun 2022 ini IAIN Nurjati Cirebon dipercayalan menjadi tuan rumah The 4th ICON-UCE 2022. Perhelatan yang dilaksanakan pada tanggal  24-26 Oktober 2022.ini secara resmi dibuka oleh Dirjen Pendis Muhmmad  Ali Ramdhani, Senin (24/2022).

Dalam pesannya, Ali Ramdhani mengingatkan civitas akademika Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) untuk hadir di depan dalam membangun episentrum peradaban. Kehadirannya harus seperti mercusuar yang mampu melalui masyarakat di sekitarnya. Proses pengajaran di PTKIN  harus berbasis masyarakat, penelitian pun harus berbasis masyarakat," tandas  Ramdhani.

Perhelatatan ICON UCE 2022 dipusatkan digedung pascasarjana cirebon oni difokuskan pada 4 kegiatan yaitu, konfrensi, training metode PAR dan ABCD, Expo dan awards.