Tim Penyusun Soal USBN PAI Diperkuat Dengan Pakta Integritas

Tim Penyusun Soal USBN PAI Diperkuat Dengan Pakta Integritas

Cirebon (Pendis) - Direktorat Pendidikan Agama Islam (PAI) mengundang 30 anggota tim penyusun soal pusat dari perwakilan provinsi di Indonesia lintas jenjang mulai SD, SMP dan SMA/SMK pada kegiatan "Penyusunan Soal Pusat USBN PAI 2018/2019" yang diselenggarakan di Cirebon, 21 s/d. 23 November 2018.

Dalam acara penutupan Jum`at (23/11) yang dihadiri oleh Direktur PAI, Rohmat Mulyana Sapdi dibacakan Pakta Integritas oleh para penyusun soal USBN pusat. Bahwasanya mereka akan bekerja secara profesional, menjunjung tinggi amanah dan kejujuran hingga dipastikan soal USBN PAI tidak akan bocor.

Dalam sambutannya selaku Direktur PAI, Rohmat Mulyana mengatakan bahwa para penyusun soal adalah orang-orang yang hebat di bidangnya karena mereka orang-orang yang bisa mengukur. "Hanya orang yang cerdaslah yang bisa mengukur," ujarnya.

Ia juga menyitir sebuah falsafah sunda yang bunyinya, "lawung pateupung neuleuman leuwi sasmitaning ati" yang artinya proses bertemunya guru dan siswa yang sebelumnya tidak saling mengenal kemudian menjadi saling mendalami, memahami dan memberi warna kedalamanan dan kemurnian qolbu.

Penyusunan Soal Pusat USBN PAI menghasilkan output berupa soal-soal utuh seratus persen dari Kementerian Agama (Pusat) dengan rincian 40 soal pilihan ganda dan 5 soal essai. (wikan/dod) (foto: yoni haris)


Tags: