Tim Robotik MAN 1 Darussalam Ciamis di ajang 9th Kontes Robot Nusantara, Asian Robotic Competition for Primary and Secondary Schools.

Tim Robotik MAN 1 Darussalam Ciamis di ajang 9th Kontes Robot Nusantara, Asian Robotic Competition for Primary and Secondary Schools.

Darussalam Ciamis (Pendis) - Tim Robotik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Darussalam Ciamis berhasil meraih Excelen Award atau peringkat ke 4 kategori Animation Scratch Senior dalam ajang 9th Kontes Robot Nusantara, Asian Robotic Competition for Primary and Secondary Schools. Kompetisi tersebut diselenggarakan oleh IYRA dan ICE BSD City.

Adapun sebagai peserta tersebar hampir dari seluruh negara-negara Asia, antara lain Thailand, Malaysia, dan Indonesia sendiri. Kompetisi ini telah terselenggara pada 28-29 Oktober 2023 kemarin. 

Tim Robotik dari MAN 1 Darussalam Ciamis yang terdiri dari 3 orang yaitu; M Taqiy Mumtaz (XII MIPA 5), Itsna Akhdan Fadhil (XII IPS 1) dan Nurul Izzati Aufa (XII MIPA 2) dan pembimbingnya Fuad Hidayat tersebut berhasil membawa nama baik MAN 1 Darussalam Ciamis di ajang robotic Internasional.

M Taqiy mengaku bangga dan bersyukur atas diraih prestasi tersebut. Katanya, keberhasilan meraih juara 4 pada ajang Robotik Tingkat Asia ini tentu menjadi hal yang mesti disyukuri. "Tentu tidak akan terjadi dengan sendirinya tetapi berkat dorongan dan support dari semuanya, termasuk guru-guru hebat semua di MAN 1 Darussalam Ciamis ini dan juga kepada pembimbing saya yaitu bapak Fuad,” pungkasnya.

Selanjutnya Kepala Madrasah Idan Nurdiana, yang ikut mendampingi Rifki di Kendari mengaku sangat bersyukur dan bangga prestasi yang telah diraih oleh anak didiknya itu.

“Saya secara pribadi tidak membebani mereka untuk meraih hasil terbaik, tetapi diharapkan mereka mendapat pengalaman yang sangat berharga sehingga menjadi modal penting untuk mengikuti ajang robotic lainya,” tambah Idan

Idan juga berharap dari MAN 1 Darussalam Ciamis terus melahirkan bibit unggul dan calon juara baru dibidang robotic apalagi sekolah ini telah 2 kali meraih juara nasional Madrasah Robotic Competition (MRC) jadi tentu level Internasional adalah target selanjutnya.