Tim Robotikan MAN 2 Banyumas

Tim Robotikan MAN 2 Banyumas

Banyumas (Pendis) - Tim Robotika MAN 2 Banyumas akan ikuti ajang 11th World Robotic for Pease (WRP) 2022 yang diselenggarakan oleh IBTC (International Robotic Training and Competition) di Universitas Teknologi Malaysia pada tanggal 29 November - 3 Desember 2022.

“MAN 2 Banyumas terus menorehkan prestasinya. Sukses mengharumkan nama MAN 2 Banyumas baik di tingkat regional maupun nasional,”ungkapnya.

“Ini merupakan capaian Madrasah yang sangat luar biasa.” Imbuhnya.

Singgih Hutomo Aji, selaku perwakilan pembimbing Tim Robotika MAN 2 Banyumas, menerangkan bahwa WRP 2022 merupakan ajang tahunan dan bagian dari kompetisi robotika yang bergengsi di tingkat internasional.

Sesuai dengan Misi penyelenggara bahwa kompetisi ini menanamkan kedamaian pada siswa-siswa, bahwa robot dan teknologi bukanlah alat untuk perang, tetapi banyak hal yang bermanfaat bagi manusia.

“Tim Robotika MAN 2 Banyumas akan mengikuti 2 kategori, yaitu Sumo IoT 500 Gr, Sumo IoT 1 Kg , Soccer IoT 1 kg dan Line Follower Analog yang diwakili oleh Faiz Khoirul Fuadi XI MIPA 2, Eka Erlangga Putra Syariful Hanan XI MIPA 2, Adan Syahrul Junior XI MIPA 4 dan Gotara Parasdya Abimanyu XI MIPA 6,” jelas Singgih.

Toto Prasetyo, yang juga pembimbing Tim Robotika MAN 2 Banyumas, menambahkan  bahwa ada 22 tim peserta dari Indonesia. Tingkat SMA/MA/SMK 9 Tim, tingkat SMP/MTs 10 Tim dan tingkat SD/MI 3 Tim.

Selain tim robotika dari Indonesia, ajang ini  diikuti oleh tim-tim dari Malaysia, Vietnam, Bangladesh, myanmar, Kamboja, India, Singapura dan Pakistan. Pelaksanaan kompetisi tahun ini diselenggarakan secara offline di Universitas Teknologi Malaysia di Jalan Iman, 81310 Johor Bahru, Johor, Malaysia.

“Kedua tim mempersiapkan untuk mengikuti laga dengan mempelajari secara detail juknis lomba, membuat arena simulasi dengan menggunakan robot yang sama dan telah diujicobakan di Workshop Keterampilan MAN 2 Banyumas bersama pembimbing tim masing-masing,” paparnya.

“Saya berharap tim robotika kita mendapat juara di ajang robotik WRP 2022.” Tambahnya dengan penuh harap dan rasa syukur.