MoU UIN Bukittinggi dengan Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM)

MoU UIN Bukittinggi dengan Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM)

Bukittinggi (Pendis) - Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech. M. Djamil Djambek Bukittinggi dan Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) telah mengukuhkan kemitraan internasional mereka melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang berlangsung di Aula Gedung Rektorat lantai 3 UIN Bukittinggi pada Senin (25/09/2023).

Kesepakatan MoU ini merupakan tonggak penting dalam menguatkan hubungan antar-universitas, menciptakan kesempatan kerjasama yang luas dalam berbagai aspek pendidikan dan penelitian.

Hadir sebagai saksi dalam MoU ini sejumlah tokoh penting dari kedua universitas, termasuk Wakil Rektor III UIN Bukittinggi, Direktur Pascasarjana, jajaran Dekan beserta Wakil Dekan seluruh Fakultas di UIN Bukittinggi, serta Bagian Akademik dan Kemahasiswaan.

Sementara itu, UTHM Malaysia diwakili oleh Abdul Hamid, Senior Lecturer di Department of Technology Studies, Faculty of Technical and Vocational Education, dan Mohd Hasril Bin Amiruddin, Deputy Dean Faculty of Technical and Vocational Education UTHM.

MoU ini menciptakan peluang bagi kedua universitas untuk menjalin kerjasama yang lebih erat dalam berbagai aspek, seperti pendidikan, penelitian, pertukaran akademik, pengembangan program bersama, serta berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan global. Dengan adanya kesepakatan ini, diharapkan akan terbentuk proyek-proyek kolaboratif yang dapat memberikan manfaat positif bagi kedua belah pihak dan mendorong pengembangan ilmu pengetahuan.

Arman Husni, menyambut baik kesepakatan ini dan menekankan pentingnya kerjasama internasional dalam mengembangkan potensi universitas. "Kerjasama-kerjasama internasional memang perlu dijalin lebih banyak, karena sangat potensial untuk berkolaborasi dalam berbagai bidang, terutama saat ini UIN Bukittinggi tengah gencar mengadakan seminar-seminar internasional,” tuturnya.

Penandatanganan MoU ini bukan hanya merajut hubungan antara kedua universitas, tetapi juga memberikan dampak positif bagi pengembangan pendidikan dan masyarakat Indonesia serta Malaysia. Kedua belah pihak berharap bahwa program-program yang akan dirancang berdasarkan kesepakatan ini akan memberikan manfaat nyata bagi kedua universitas dan masyarakat luas.

Kegiatan ini menandai awal dari sebuah kolaborasi yang diharapkan akan membawa dampak positif yang signifikan dalam pengembangan pendidikan dan penelitian di kedua negara. Ini adalah langkah penting dalam mendukung visi untuk menciptakan jaringan pendidikan tinggi yang kuat dan dinamis di tingkat internasional.

Kesepakatan ini membuka jalan bagi lebih banyak kerjasama internasional yang akan membantu pengembangan dan memperluas kerangka kerja kolaborasi antara kedua institusi pendidikan tinggi ini dalam berbagai bidang.