UIN Ar-Raniry bekali 90 peserta pelopor moderasi beragama

UIN Ar-Raniry bekali 90 peserta pelopor moderasi beragama

Banda Aceh (Pendis) --- Sebanyak 90 peserta perwakilan dosen dan tenaga kependidikan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry  Banda Aceh mengikuti

kegiatan Orientasi Pelopor Penguatan Moderasi Beragama Tahun 2023.
Kegiatan yang dilaksanakan Pusat Kerohanian dan Moderasi Beragama (PKMB)  UIN Ar-Raniry Banda Aceh itu berlangsung selama 4 (empat) hari, mulai tanggal 24-27 Agustus 2023, yang dipusatkan di Aula Balai Diklat Keagamaan (BDK) Aceh.

Dalam sambutannya, Rektor  UIN Ar-Raniry  Banda Aceh yang diwakili Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Prof Dr Khairuddin, MAg mengatakan, bahwa program  moderasi beragama merupakan salah satu dari tujuh program prioritas Kementerian Agama RI.

Menurut Prof Khairuddin,  moderasi beragama telah ditetapkan sebagai faktor penunjang pembangunan nasional yang termaktub dalam Perpres Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020–2024.

Sebelumnya, Kepala PKMB  UIN Ar-Raniry  Banda Aceh, Drs Saifuddin A Rasyid, MLIS dalam laporannya menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan penguatan  moderasi beragama mengacu pada keputusan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nomor 15 Tahun 2023 tentang petunjuk teknis pelaksanaan kegiatan lokakarya, orientasi pelopor, dan sosialisasi penguatan  moderasi beragama.

"Sesuai Juknis untuk orientasi pelopor peserta wajib mengikuti seluruh rangkaian materi paling sedikit 28 jam pelajaran, untuk Pelatihan Penggerak  52 JP dan ToT 62 JP," ungkap Saifuddin.

Untuk peserta orientasi pelopor tahun ini berjumlah 120 peserta dengan rincian, untuk angkatan pertama dan kedua berjumlah 90 orang. Sementara angkatan ke III yang direncanakan dilaksanakan pada bulan September 2023 berjumlah 30 peserta.

"Orientasi Pelopor PMB bertujuan untuk membentuk role mode  moderasi beragama dalam sikap dan perilaku pegawai," ujar Saifuddin.

Lebih lanjut, kata Saifuddin, untuk tahun 2024, pihaknya akan fokus kepada Pelatihan Penggerak dan Training of Trainer (ToT).

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Kepala BDK Aceh, Dr Qadriyah, MPd, Ketua LP2M, Dr Jasafat, MA, serta para Fasilitator Pokjanas Moderasi Beragama, Dr Sholehuddin dan Rholand Muary, serta Fasilitator Lokal dari BDK Aceh, Dr Erfiati MA dan Mutia Fariha MPd. []