Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Dr Mujiburrahman MAg bersama Direktur Operasional Masjid Sheikh ZayedAl Nahyan Solo, Munajat PhD foto bersama us

Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Dr Mujiburrahman MAg bersama Direktur Operasional Masjid Sheikh ZayedAl Nahyan Solo, Munajat PhD foto bersama us

Banda Aceh (Pendis) --- Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menandatangani nota kesepahaman kerja sama dengan Masjid Sheikh Zayed Al Nahyan Solo Jl. Ahmad Yani No.128 Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Jum'at (27/10/2023).

Kesepakatan ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh  Mujiburrahman  dan Direktur Operasional Masjid Raya Sheikh Zayed Al Nahyan Solo, Munajat.

Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh mengatakan bahwa kerjasama ini bukan hanya sekedar tanda tangan di atas kertas, tetapi merupakan wujud dari komitmen bersama untuk saling memberikan kontribusi positif untuk pengembangan dunia pendidikan khususnya pengembangan studi ke-islaman, keilmuan dan ekonomi berbasis masjid.

"Kerjasama ini adalah langkah penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi dan pemberian manfaat bagi mahasiswa dan sivitas akademika UIN Ar-Raniry Banda Aceh," ujar  Mujiburrahman dalam keterangan tertulis, Jum'at (27/10/2023).

Lebih lanjut,Mujib menjelaskan bahwa kedua belah pihak sepakat untuk melaksanakan program terkait pengembangan studi ke-islaman, keilmuan dan ekonomi berbasis masjid dan pengembangan dibidang lainya yang bermanfaat.

Ada beberapa ruang lingkup kerja sama yang akan dilakukan setelah penandatanganan nota kesepahaman ini. Pertama, peningkatan kualitas studi keislaman dan pendidikan Agama Islam berbasis Masjid. Kedua, meningkatkan riset dan pengembangan keislaman dan keilmuan Pendidikan Agama Islam berbasis Masjid.

Ketiga, peningkatan kualitas ekonomi rakyat berbasis masjid. Selanjutnya, keempat pengembangan sumber daya manusia dalam bidang Imarah, Idarah dan Riayah Masjid dan ruang lingkup terakhir yakni pemanfaatan tenaga ahli dari kedua belah pihak serta
kegiatan lain yang dipandang perlu dan bermanfaat bagi kedua belah pihak. 

Pada pertemuan tersebut, Prof Mujiburrahman juga menyampaikan bahwa UIN Ar-Raniry Banda Aceh menaruh harapan besar agar pasca penandatanganan kerjasama ini dapat diwujudkan segera pembangunan Masjid Multi Fungsi, Pusat Kajian Islam dan Laboratorium Bahasa di kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

"Atas bantuan pembangunan infrastruktur tersebut saya mewakili keluarga besar UIN Ar-Raniry menyampaikan penghargaan besar dan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Uni Emerat, terutama Sheikh Dr Khalifa Mubarak Al Dhahiri, Dr Sultan Faisal Al-Remeithi, Dr Munajat dan Dr Muhammad Irham sebagai perwakilan pemerintah Uni Emerat di Indonesia," harapnya. []