Prosesi Penglepasan Kontingen UIN Ar-Raniry pada PWN IAIN Gorontalo

Prosesi Penglepasan Kontingen UIN Ar-Raniry pada PWN IAIN Gorontalo

Banda Aceh (Pendis) Sebayak 17 peserta mewakili Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh akan mengikuti kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasioanl Perguruan Tinggi (PWN PTKI) XVI Tahun 2023 yang berlangsung di kampus IAIN Sultan Amai Gorontalo pada 22-23 Mei 2023 mendatang.

Kontingen UIN Ar-Raniry Banda Aceh dilepaskan langsung oleh Rektor Prof Dr H Mujiburrahman, MAg, Jumat (19/5/2023). Dalam amanatnya, Rektor mengharapkan keseriusan peserta dan kakak Pembina untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan selama prosesi PWN PTKI berlangsung.

“Ini kegiatan rutin yang dilaksanakan PTKI setiap dua tahun sekali, salah satu tujuan yang ingin dicapai jalinan silaturrahim, baik sesama peserta maupun pimpinan antar perguruan tinggi untuk melahirkan berbagai kerja sama dan program kolaborasi di masa mendatang,” ujarnya.

Hal kedua kata Rektor, PWN tersebut merupakan bagian dari kegiatan akademik non kurikuler, sehingga jika diikuti dengan serius, maka ini dapat mengasah berbagai kemampuan dan keterampilan dalam berbagai kegiatan yang diperlombakan.

“Ikutilah dengan serius, insyaallah akan mendapatkan pengayaan pengetahuan yang menarik dan bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungan nantinya,” kata Mujiburrahman.

Profesor Mujib menambahkan, poin ketiga dalam even tersebut adalah terjadi perjalanan yang agak panjang, ada sunnah safar yang harus diniatkan dengan baik, jika diniatkan dengan benar akan bernilai ibadah.

Hal lainnya yang menjadi sangat penting diingatkan Rektor Mujiburrahman, kehadiran peserta dan pendamping pada PWN tersebut membawa nama almamater UIN Ar-Raniry dan Aceh, harum nama baik UIN Ar-Raniry maka juga berpengaruh serta dampak positif pada lembaga. Begitu juga sebaliknya.

“Maka jaga sikap, karakter, pergaulan, aktifitas, etika, tutur sapa dan sebagainya, hal itu akan mencerminkan UIN Ar-Raniry dan orang Aceh secara keseluruhan,” pungkas Rektor.

Sementara itu, Ketua Gugus Depan Pramuka UIN Ar-Raniry, Drs Naruddin AS, MHum menyebutkan, jumlah peserta yang akan dibarangkatkan UIN Ar-Raniry sebanyak 17 orang terdiri dari enam putra, enam putri, satu pendamping putra, satu pendamping putri, penanggung jawab, pimpinan kontingen dan staf pembantu.

Kegiatan PWN PTKI - XVI Tahun 2023 direncakan akan dibuka secara resmi oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas pada Senin, 22 Mei 2023, pukul 09.00 WITA bertempat di Lapangan Utama Kampus 2 IAIN Sultan Amai Gorontalo. []