Plt. Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Aceh Ismed Saputra menyerahkkan plakat kepada Karo AUPK UIN Ar-Raniry Banda Aceh Ibnu Sa'dan

Plt. Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Aceh Ismed Saputra menyerahkkan plakat kepada Karo AUPK UIN Ar-Raniry Banda Aceh Ibnu Sa'dan

Banda Aceh (Pendis) --Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh meraih penghargaan capaian IKPA terbaik 1 triwulan II tahun 2022 untuk kategori Satker BLU dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Aceh.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Plt. Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Aceh Ismed Saputra yang diterima Kepala Biro AUPK UIN Ar-Raniry Banda Aceh Ibnu Sa'dan dalam acara Aceh Treasury Awards dan Sosialisasi Perdirjen Perbendaharaan Nomor PER-8/PB/2022 di Aula Gedung D Lantai 5, Gedung Keuangan Negara Banda Aceh, Rabu (19/10/2022).

Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof Mujiburrahman melalui Kepala Biro AUPK Ibnu Sa'dan menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh sivitas akademika UIN Ar-Raniry Banda Aceh atas capaian ini.

"Atas nama Rektor, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pengelola dan pelaksana anggaran belanja UIN Ar-Raniry Banda Aceh atas kerja kerasnya selama ini,"kata Ibnu Sa'dan dalam keterangan tertulis, Rabu (19/10/2022).

Ibnu Sa'dan berharap capaian ini menjadi pemicu semangat kerja agar ke depan UIN Ar-Raniry Banda Aceh dapat meningkatkan kinerjanya di semua lini. "Capaian ini diperoleh atas kerjasama yang baik semua lini, ke depan bekerja tidak hanya untuk sisi pengelolaan saja tetapi bagaimana berpikir dan bekerja keras dan cerdas untuk peningkatan pendapatan BLU dari non akademik,"harapnya.

Lebih lanjut, Ibnu Sa'dan menjelaskan bahwa Indikator Kinerja Pelaksana Anggaran (IKPA) merupakan indikator yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan untuk mengukur kualitas pelaksanaan anggaran belanja dan juga sebagai monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan anggaran.

"IKPA merupakan alat untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja Kementerian Negera atau lembaga yang meliputi sisi kesesuaian terhadap perencanaan, efektivitas, efisiensi pelaksanaan anggaran dan kepatuhan terhadap regulasi,"kata Ibnu Sa'dan.

Sementara itu, Analis Pengelolaan Keuangan APBN UIN Ar-Raniry, Azkia menjelaskan berdasarkan indikator pelaksana anggaran yang dinilai meliputi kualitas perencanaan anggaran, kualitas pelaksanaaan anggaran dan kualitas hasil pelaksanaaan anggaran, UIN Ar-Raniry Banda Aceh terpilih sebagai kategori satker terbaik BLU atas capaian IKPA terbaik pertama triwulan II Tahun 2022.

"Skor IKPA UIN Ar-Raniry Banda Aceh 97,35 periode TW II atau semester 1 (periode yang dinilai),"kata Azkia.