Yudisium Guru Profesional PPG di UIN Datokarama Palu

Yudisium Guru Profesional PPG di UIN Datokarama Palu

Palu (Pendis) - Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, mencetak 243 guru profesional lewat Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) tahun akademik 2022/2023.

Sebanyak 243 guru profesional itu telah melewati proses pembinaan dan pendidikan selama tiga bulan. FTIK UIN Datokarama meyudisium guru profesional PPG dalam jabatan batch 3 tersebut, di Kota Palu, Selasa (21/03/2023).

Rektor UIN Datokarama, Sagaf S Pettalongi mengemukakan Program PPG merupakan salah satu program nasional yang menjadi pendekatan dalam meningkatkan kompetensi dan profesionalitas guru.

"Pemerintah bertekad untuk terus membangun sumber daya manusia yang unggul secara berkelanjutan, maka salah satu pendekatannya dilakukan melalui peningkatan kompetensi dan profesionalitas guru lewat PPG," ucapnya. 

Ia mengemukakan pembinaan dan peningkatan kompetensi serta profesionalitas guru penting dilakukan, seiring dengan kemajuan perkembangan zaman yang ditandai dengan kehadiran teknologi sistem informasi dan komunikasi berbasis digital.

Dalam konteks perkembangan tersebut, ujar dia, guru menghadapi berbagai dinamika dan tantangan dalam melaksanakan tugas dan fungsi mereka.

"Sehingga peningkatan kompetensi dilakukan agar guru terus melakukan pembaharuan-pembaharuan pengembangan ilmu, pengetahuan, pengajaran, yang berdampak pada peningkatan mutu pendidikan," ungkapnya.

Oleh karena itu, kata dia, guru profesional harus terus belajar, salah satunya dengan belajar dari sumbernya langsung yang didukung dengan penggunaan teknologi pembelajaran.

"Dan para guru harus mampu menggunakan teknologi perangkat pembelajaran dalam proses belajar dan mengajar," ujarnya.

Sementara itu, Dekan FTIK UIN Datokarama, Askar menyatakan bahwa FTIK menjadi penyelenggara PPG seiring dengan adanya Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

Untuk tahun 2021 FTIK UIN Datokarama telah mencetak 93 orang guru profesional angkatan satu, kemudian 168 orang guru profesional angkatan dua. Berikutnya tahun 2022 FTIK mencetak 162 guru profesional angkatan satu, angkatan dua 185 guru, dan angkatan tiga 243.

Askar menerangkan penyelenggaraan PPG oleh FTIK UIN Datokarama Palu diikuti  guru dalam jabatan yang berasal dari Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Utara, Jawa Tengah, Jawa Timur, Aceh, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku dan Maluku Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan dan Kalimantan Tengah.

Dalam pembinaan guru melalui PPG dikhususkan pada guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, Sejarah Kebudayaan Islam, Bahasa Arab, dan Aqidah Akhlak. (MH)


Tags: # PTKINKeren