IKAHIMATIKA WILAYAH IV

IKAHIMATIKA WILAYAH IV

Pekalongan (Pendis) - Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tadris Matematika FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan menyelenggarakan Forum Silaturahmi IKAHIMATIKA Wilayah IV. Kegiatan ini dlaksanakan pada tanggal 22-23 Juli 2022 di Wisata Kali Paingan Kajen Kabupaten Pekalongan. Kegiatan ini diikuti oleh Forum Silaturahmi IKAHIMATIKA Wilayah IV Sub Wilayah Purwokerto-Pekalongan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan IKAHIMATIKA Indonesia Wilayah IV Sub Wilayah Purwokerto-Pekalongan. HMJ Tadris Matematika FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan menjadi tuan rumah dari kegiatan tersebut.

Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta delegasi dari beberapa Himpunan Mahasiswa Matematika dan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika yang berada di sub wilayah Purwokerto – Pekalongan, diantaranya yaitu dari HIMATIKA UNSOED, HIMATIKA UIN SAIZU, HIMMAPTIKA UNIKAL, HMPS Pendidikan Matematika UMP, HMPS PMTK UPS Tegal, HIMATIKA UNUGHA Cilacap serta pengurus IKAHIMATIKA Indonesia Wilayah IV yang terdiri dari HIMATIKA UNIMUS dan HIMATIKA UNY.

Dalam sambutannya (melalui Google meet), Ketua Jurusan Tadris Matematika UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan, Santika Lya Diah Pramesti  berharap melalui kegiatan-kegiatan yang terdapat dalam Forum Silaturahmi ini akan  mempererat tali silaturahmi. “Dengan adanya Forum Silaturahmi ini, akan meningkatkan rasa persaudaraan dan bias saling mengenal antara mahasiswa Perguruan Tinggi yang ada di Sub Wilayah Purwokerto-Pekalongan,” ungkap Santika. Selain itu, kegiatan ini juga dapat menjadi wadah untuk mencari jaringan terkait Himpunan Mahasiswa lainnya.

Senada dengan Santika, Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Tadris Matematika, Nahrul Ainun Najib dan Duta Jurusan Tadris Matematika, Muhammad Ikhsanudin dan Risqi Fadhilah juga mengatakan kegiatan ini bisa menjadi wadah silaturahmi antar mahasiswa. Ini juga akan menjadi kesempatan bias saling sharing dan tukar informasi dengan sesama mahasiswa.

Dengan mengusung tema “Eratkan Relasi, Satukan Aspirasi, Untuk Matematika yang Bersinergi” kegiatan ini memiliki dua tujuan utama. Yang pertama akan menjalin silaturahmi antar Himpunan Mahasiswa Matematika dan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika IKAHIMATIKA Indonesia Wilayah IV Sub Wilayah Purwokerto-Pekalongan. Kedua, dapat mempererat tali persaudaraan antar Himpunan Mahasiswa Matematika dan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika IKAHIMATIKA Indonesia Wilayah IV Sub Wilayah Purwokerto-Pekalongan.

Kegiatan diawali dengan rapat forsil pengurus IKAHIMATIKA Indonesia Wilayah IV, kemudian inagurasi dimana mahasiswa menampilkan beberapa pentas seni seperti akustik, drama, dan puisi berantai. Selanjutnya mahasiswa melaksanakan senam pagi dan dilanjut dengan pengabdian dalam bentuk tanam bibit pohon sengon sebagai bentuk sosial terhadap masyarakat maupun tempat Wisata Kali Paingan tersendiri. Selama kegiatan berlangsung seluruh peserta antusias dan mengikuti kegiatan sampai kegiatan berakhir. Kegiatan di akhiri dengan pelatihan karya tulis ilmiah, yang dilakukan di Kampus 2 UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.