UIN Launching Satgas Hisbah Ar-Raniry, Ini Tugasnya

UIN Launching Satgas Hisbah Ar-Raniry, Ini Tugasnya

Banda Aceh (Pendis) --- Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh terus berupaya mewujudkan kampus yang islami dan sebagai tanggungjawab untuk melahirkan masyarakat yang shahih, humanis dan moderat.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah me-launching (meluncurkan) Satuan Tugas (Satgas) Hisbah Ar-Raniry Banda Aceh bersamaan dengan Wisuda hari pertama di Gedung Prof Ali Hasjmy Darussalam Banda Aceh, Selasa (24/1/2023).

Kehadiran Satgas Hisbah Ar-Raniry sebagai bentuk ikhtiar dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan memiliki budi pekerti yang luhur.

Oleh karena itu, untuk cita-cita yang mulia ini Satgas Hisbah Ar-Raniry hadir dan bertanggungjawab untuk mewujudkan masyarakat yang shalih, moderat, humanis dan Unggul. Sehingga, UIN Ar-Raniry Banda Aceh menjadi miniatur penerapan nilai-nilai islami.

Berdasarkan keterangan salah seorang inisiator Dr Tgk H Ajidar Matsyah Lc MA yang juga sebagai Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh mengungkapkan bahwa ide dasar lahirnya Satgas Hisbah Ar-Raniry berangkat dari cita-cita mulia UIN Ar-Raniry untuk mewujudkan kampus yang islami.

Pada prinsipnya, kata Ajidar hisbah dalam konsep Islam adalah pengawasan amar makruf nahi munkar. Meskipun demikian, amar makruf nahi munkar selama ini sudah termuat dalam beberapa regulasi baik berupa PMA, edaran, kode etik maupun tata tertib yang berlaku di lingkungan UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

"Fungsi Satgas Hisbah Ar-Raniry sebagai instrumen pengawasan terhadap implimentasi kode etik dan tata tertib dimaksud. Jadi Satgas Hisbah Ar-Raniry bukan seperti WH sebagai mana yang digambarkan selama ini,"kata Ajidar dalam keterangan tertulis, Rabu (25/1/2023).

Atas percapaian dan inisiasi lahirnya Satgas Hisbah Ar-Raniry, Rektor UIN Ar-Raniry Prof Dr Mujiburrahman MAg secara khusus memberikan apresiasi kepada lini tiga di bawah koordinasi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Ar-Raniry Prof Dr Saifullah MA yang telah berhasil mencetuskan lahirnya Satgas Hisbah Ar-Raniry yang dilaunching pada hari pertama wisuda gelombang pertama tahun 2023, Selasa (24/1/2023).

Menurut Rektor keberadaan Satgas ini adalah untuk memastikan seluruh mahasiswa dan mahasiswi UIN Ar-Raniry menjadi pribadi yang berkarakter yang bijak dalam pencapaian akademiknya ketika berada di kampus.

"Kehadiran Satgas ini nantinya akan memandu, memberi bimbingan dan mengawasi para mahasiswa di lingkungan UIN Ar-Raniry Banda Aceh,"kata Prof Mujib dalam arahannya saat wisuda hari pertama.

Untuk diketahui, anggota Satgas Hisbah UIN Ar-Raniry Banda Aceh terdiri dari unsur Senat Mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Dewan Eksekutif Mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Lembaga Dakwah Kampus Ar-Risalah, Menwa, Security dan Remaja Mesjid.