Rektor dan Wakil Rektor III UIN Mahmud Yunus Batusangkar Foto Bersama Pimpinan Fatoni University Thailand

Rektor dan Wakil Rektor III UIN Mahmud Yunus Batusangkar Foto Bersama Pimpinan Fatoni University Thailand

Thailand (Pendis) (12/07/23). Internasionalisasi dalam bidang pendidikan bukan sesuatu hal baru di era Globaliasi, bahkan telah menjadi sebuah fase yang harus dihadapi dalam peningkatan kualitas lembaga maupun lulusan.

Sebagai perguruan tinggi yang memiliki visi “Integratif Interkonegtif dalam Keilmuan, Berkearifan Lokal, dan Bereputasi Global” Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar lakukan lawakan ke Negeri Gajah Putih Thailand dalam rangka penandatangan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) luar negeri dengan perguruan tinggi dan lembaga pendidikan, (11-14 Juli 2023).

Diantaranya perguruan tinggi Jamiah Islamiyah Syeikh Daud Al Fatoni (JISDA), Fatoni University Thailand dan lembaga pendidikan Ma'had Al-Ulum Addiniyah Pohon Tanjong Tarathiwat Thailand.

Penandatangan MoU yang diteken langsung oleh Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar Prof. Dr. Marjoni Imamora, M.Sc yang didampingi Wakil Rektor III Dr. Sirajul Munir. M.Pd dan Pimpinan masing-masing Perguruan Tinggi tesebut.

“Kita berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan hubungan baik dalam memperkuat hubungan bilateral antara negara dan lembaga pendidikan,” ujar Prof Marjoni.

“Berkontribusi untuk mengantarkan kampus kita ke rekognisi internasional adalah sebuah jariah akademik yang tak ternilai. Berapa banyak pihak yang diuntungkan dengan pencapai prestasi ini. Dan ini tidak lagi semata-mata terkait dengan seberapa prestasi yang didapatkan dari kontribusi buat perguruan tinggi”

Lebih lanjut Prof Marjoni menyatakan bersyukur atas penandatanganan MoU kerja sama luar negeri ini, “Tentunya, ini bukan hanya sekedar tanda tangan MoU saja, namun akan diikuti langkah-langkah strategis lainnya.  Kita akan memaksimalkan semua peluang-peluang yang ada demi kemajuan kampus UIN Mahmud Yunus Batusangkar kedepannya.

Senada dengan Dr. Sirajul Munir Wakil Rektor III, menyampaikan bahwa kolaborasi/MoU ini dengan negara lain bertujuan untuk mendukung sejumlah program UIN MY Batusangkar dalam meningkatkan kualitas kelembagaan, dosen, Beasiswa mahasiswa luar negeri ataupun lulusan perguruan tinggi luar negeri.

“Kita berharap, adanya MOU tersebut akan menjadi payung bagi UIN MY Batusangkar untuk semakin menggairahkan program kolaboratif internasional, dan mewujudkan Pendidikan Tinggi Islam yang berdaya saing Internasional untuk kepentingan Umat, Bangsa, dan Kemanusiaan, juga dapat menjadi sarana kita untuk mengenalkan profil UIN MY Batusangkar yang senantiasa mengkampanyekan Moderasi Beragama,” pungkas munir

Disisi lain, pimpinan perguruan tinggi tersebut dan lembaga pendidikan mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pimpinan UIN Mahmud Yunus Batusangkar yang sudah langsung data ke negeri kami.

Kami berharap dengan kerja sama ini, banyak menimbulkan manfaat besar dalam memajukan dunia pendidikan, dan berharap dengan adanya kerja sama hari ini dapat berkembang di bidang-bidang lain di kemudian hari. (Doni)