Penandatanganan perjanjian kerjasama antara UIN SATU Tulungagung dengan BRIN yang diwakili oleh Ketua LP2M UIN SATU Tulungagung dan Kepala Pusat Riset

Penandatanganan perjanjian kerjasama antara UIN SATU Tulungagung dengan BRIN yang diwakili oleh Ketua LP2M UIN SATU Tulungagung dan Kepala Pusat Riset

Tulungagung (Pendis) -- Sebuah momentum penting terjadi dalam upaya meningkatkan kerjasama riset antara Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Riset dan Inovasi Daerah Tulungagung, dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN SATU Tulungagung. Acara bertema koordinasi dan kerjasama riset yang berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 4 hingga 6 Desember 2023, menjadi tonggak bersejarah dalam mengembangkan kapasitas peneliti di UIN Sayyid Ali Tahmatullah Tulungagung.

UIN SATU menghadirkan tim periset dari BRIN, di antaranya Ahmad Fathoni (Kapus Riset Mikrobiologi Terapan), Iman Hidayat (Kepala Organisasi Riset Hayati dan Lingkungan), Alie Humaedi (Kepala Pusat Riset Kesejahteraan Sosial, Desa, dan Konektivitas), dan Ahmad Najib Burhani (Kepala Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Sosial dan Humaniora).

Dalam sambutannya, Rektor UIN SATU Tulungagung, Abd. Aziz  menekankan pentingnya bagi dosen dan sivitas akademika UIN SATU Tulungagung untuk mengarahkan upaya penelitian ke kawasan Selingkar Wilis atau yang disebut sebagai Kawasan Tunggal Rogo Mandiri. Area penelitian bisa difokuskan khususnya pada daerah sekitar Gunung Wilis.

"UIN SATU menjawab tantangan pengembangan kawasan Selingkar Liwis. Kedepan, hasil penelitian UIN SATU dapat diaplikasikan ke masyarakat," pesan Rektor.

Pesan tersebut diiringi dengan penekanan pada prinsip sustainabilitas, inklusifitas, dan partnership, sebagai landasan utama dalam pengembangan riset.

Rektor menyambut baik kehadiran tim periset dari BRIN dan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Tulungagung. Aziz mendirong kerjasama lintas lembaga untuk mendukung pengembangan riset di daerah ini. Hal ini menjadi bukti komitmen bersama dalam memajukan riset yang berbasis lokal dan berdampak positif bagi masyarakat.

Acara yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN SATU ini diikuti oleh perwakilan dari kedua lembaga dan dosen UIN SATU Tulungagung untuk memberikan dukungan penuh terhadap inisiatif kolaborasi ini.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama uang ditandatangani Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN SATU dengan Kepala Pusat Riset Mikrobiologi Terapan. Kerjasama ini menjadi permulaan dari kolaborasi kelembagaan antara UIN SATU Tulungagung dengan BRIN.