Unissula Perkuat Psikologi Islam

Unissula Perkuat Psikologi Islam

SEMARANG (KRjogja.com)- Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, selain mempelajari berbagai ilmu psikologi (termasuk dari Barat), saat ini memperkuat diri dengan psikologi Islam.“Ciri ini sebagai salah satu pembeda antara fakultas psikologi kami dengan fakultas psikologi di perguruan tinggi lain” ujar Dekan Fakultas Psikologi Unissula Inhastuti Sugiasih MPsi pada diskusi tentang ‘prospek karir bidang psikologi’ yang digelar di kampus Unissula kawasan Kaligawe, Selasa (03/02/2015).

Pada diskusi tersebut, Dekan berharap calon mahasiswa baru memahami prospek pendidikan tinggi serta bidang apa yang diinginkan mereka. Hal itu sangat penting untuk mempersiapkan masa depan mereka pasca lulus dari perguruan
tinggi . Dengan pemahaman yang benar, maka nantinya mahasiswa akan belajar secara serius dalam upaya menggapai cita-cita berul-betul sesuai minat dan bakat mereka.

“Sebagai contoh, di kami, lulusan Fakultas Psikologi Unissula ke depannya dipersiapkan terjun sebagai psikologi sosial, psikologi industri organisasi, konsultan, manajer HRD, psikologi umum, eksperimen dan psikologi klinis.

Mereka bekerja di bidang kesehatan seperti rumah sakit (RSJ, RSUD, RS Swasta), BUMN, PNS, TNI/Polri, bidang psikologi perkembangan, psikometri, dan psikologi pendidikan. Atau juga bidang konsultan, pendidik professional,
shadow teacher, dosen, dan motivator” ujar Dekan.

Menurut Dekan Fak Psikologi ini, pangsa pasar lulusan psikologi di Indonesia semakin terbuka seiring tren dan perkembangan zaman. Sehingga fakultas yang dipimpinnya sangat antusias menyikapinya dengan mempersiapkan layanan unggul antara lain dengan pemerolehan Akreditasi BAN-PT nilai B untuk Psikologi Unissula serta kurikulum yang disusun mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Dikti sebanyak 147 sks yang dapat ditempuh selama 4 tahun / 8 semester.

Selain itu kurikulum yang dirancang meliputi soft skill, hardskill di bidang psikologi ditambah beberapa mata kuliah yang mengajarkan leadership, entrepreneur, penguasaan bahasa Asing dan IT serta pendidikan karakter berbasis Islam .

“Ke depannya kami akan merintis kerjasama internasional dengan berbagai perguruan tinggi luar negeri terutama Eropa lewat pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, joint research, visiting professor, internship dan kegiatan lainnya” tandas Dekan. (Sgi)


Tags: