Unnes Buka 1.950 Beasiswa Bidikmisi

Unnes Buka 1.950 Beasiswa Bidikmisi

SEMARANG (Suara Merdeka)– Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyiapkan 1.950 beasiswa penuh, Bidikmisi pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2015.

Jumlah tersebut akan disebar dalam tiga skema penerimaan, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan seleksi mandiri atau SPMU.

"Jumlah kursinya kurang lebih sama dengan tahun lalu. Jika dari SNMPTN belum penuh, maka sisanya dibuka pada SBMPTN dan jika belum juga penuh, dibuka dalam SPMU," kata Pembantu Rektor I Bidang Akademik Unnes, Prof Rustono, Rabu (25/2).

Saat ini, Unnes tercatat sebagai perguruan tinggi dengan beasiswa Bidikmisi terbanyak se-Indonesia. Hingga saat ini, jumlah mahasiswa yang menyenyam pendidikan gratis di Unnes melalui beasiswa Bidikmisi mencapai 6.850.

Melalui beasiswa Bidikmisi, mahasiswa terbebas dari biaya kuliah selama empat tahun, atau delapan semester. Mahasiswa masih mendapatkan biaya hidup sebesar Rp 600 ribu per bulan. Beasiswa ini berlaku bagi mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi.

Saat ini, pendaftaran mahasiswa baru yang akan mengikuti SNMPTN dibuka hingga 15 Maret 2015. Panitia SNMPTN Unnes mencatat total pendaftar sudah mencapai angka 5 ribu, termasuk pendaftar untuk Bidikmisi.

Melampirkan Portofolio

Namun, pendaftar untuk Bidikmisi belum terlalu banyak. Pekan lalu, baru 107 pendaftar yang mengajukan diri untuk mendapat beasiswa Bidikmisi melalui skema SNMPTN. Jumlah tersebut jauh berbeda dibandingkan dengan jumlah pendaftar Bidikmisi ke Unnes pada SNMPTN 2014. Tahun lalu, pendaftar beasiswa bagi calon mahasiswa kurang mampu secara ekonomi ke Unnes tercatat 15.029 orang.

Secara umum, Prof Rustono mengingatkan hal-hal penting dalam pengisian data pendaftaran SNMPTN. Khusus untuk pendaftar program studi olahraga dan kesenian, yang juga dimiliki Unnes, agar tak lupa melampirkan portofolio. (H89-95)


Tags: