Rektor UIN Ajak Masyarakat Bantu Pemerintah Sukseskan Pembangunan

Rektor UIN Ajak Masyarakat Bantu Pemerintah Sukseskan Pembangunan

Palu (Pendis) - Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, Prof Sagaf S Pettalongi mengajak semua komponen dan elemen masyarakat di daerah itu untuk membantu pemerintah menyukseskan penyelenggaraan pembangunan, demi terwujudnya kemakmuran bersama. 

"Partisipasi aktif semua komponen dan elemen bangsa di Tanah Air ini sangat penting untuk menyukseskan pembangunan," ucap Prof Sagaf, di Palu, Rabu.

Prof Sagaf sebagai pemimpin upacara peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI lingkup UIN Datokarama Palu menyampaikan beberapa pesan kepada civitas akademik.

Pertama, kata dia, Pemerintah Pusat saat ini terus berupaya meningkatkan kualitas tata kelola sumber daya alam agar dapat memberikan manfaat besar bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. 

Hal itu yang dilakukan dengan hilirisasi dan industrialisasi sumber daya alam.

Ke dua, pengembangan  dan peningkatan sumber energi terbarukan yaitu energi bersih dan ekonomi hijau. Ke tiga, perlindungan hukum, sosial, politik dan ekonomk kerakyatan terus diperkuat oleh pemerintah.

Ke empat, pemberdayaan dan pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar bisa naik kelas. Ke lima, mengenai pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur yang harus dijaga keberlanjutannya.

Sagaf mengemukakan, UIN Palu sebagai rumah besar para intelektual muslim harus mengambil peran strategis dalam menopang dan menyukseskan lima agenda pembangunan tersebut.

"Utamanya adalah fokus kita pada pembangunan dan peningkatan sumber daya manusia. Tentu harus dengan sinerjisitas antar lembaga, instansi dan multi pihak lainnya," ujar Sagaf yang merupakan Pakar Managemen Pendidikan.

Guru Besar UIN Palu itu mengemukakan  pendidikan dan pengajaran yang inklusif berbasis integrasi keilmuan menjadi kata kunci utama untuk menyiapkan sumber daya manusia yang unggul di masa mendatang. 

"Lima agenda besar pembangunan yang diselenggarakan pemerintah, harus ditindaklanjuti ke dalam rencana strategis pengembangan akademik UIN Palu, sehingga dapat dilaksanakan secara optimal dan berkelanjutan," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Rektor memberikan penghargaan pembebasan pembayaran UKT kepada peraih medali Pesona I PTKN, peraih medali emas pembebasan UKT tiga semester, peraih perunggu satu semester. Penyerahan Beasiswa Cendekia Baznas dan Beasiswa mahasiswa berprestasi pada lomba debat konstitusi nasional Tahun 2022.

Ditutup dengan menyerahkan penganugerahan tanda kehormatan satya lencana karya satya dari Presiden RI Joko Widodo, kepada salah satu ASN UIN Palu Fatmawati atas pengabdian 10 tahun.

Penghargaan itu sesuai dengan keputusan Presiden RI nomor 56/TK/tahun 2022, ditetapkan di Jakarta tanggal 2 Agustus 2022.


Tags: # uin