Muhammad Randi

Muhammad Randi

Papua (Pendis)--Mengusung tema financial technology (fintech), mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Muhammad Randi kembali mengukir prestasi pada Lomba Essay Tingkat Mahasiswa Nasional Islamic Banking Competition 2023 yang digelar HMPS Perbankan Syariah Universitas Islam Nahdatul Ulama (Unisnu) Jepara. Mahasiswa Semester II Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) ini meraih juara III dengan mempresentasikan essay berjudul ‘Persepsi Financial Technology pada Perkembangan Digital Sebagai E-Payment Dalam Bertransaksi Pada Industri Makanan Halal di Kota Jayapura’.

“Saya mengambil judul ini karena saya memiliki rasa ingin tahu yang besar mengenai fintech, kemudian bila dikaitkan dengan industri makanan halal di Papua seperti apa,” ungkapnya kepada Tim Humas, 31 Januari 2023.

Randi menuturkan bahwa para dosen prodi Perbankan Syariah memberikan banyak masukan dalam pembuatan essay ini. “Di awal saya telah mempelajari beberapa karya saya sebelumnnya kemudian saya meminta bimbingan dari dosen, hingga skhirnya pengunguman hasil, saya lolos menjadi top 3,” jelasnya.

Ia mengajak kepada mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua agar terus mengembangkan potensi-potensi mereka untuk meraih prestasi. “Karena niat yang baik dibarengi dengan usaha yang maksimal Insya Allah akan berujung hasil yang baik,” tutupnya.

Dihubungi secara terpisah, Ketua Program Studi Perbankan Syariah M.Fachruddin Fiqri Affandy.M.E menyampaikan komitmen Prodi Perbankan syariah untuk terus mencetak mahasiswa-mahasiswa berprestasi baik di kancah regional maupun nasional.

“Prodi selalu memberikan informasi terbaru tentang even akademik yang temanya up to date kepada mahasiswa,” ungkapnya. Ia menambahkan bahwa pihaknya juga sangat terbuka bagi mahasiswa untuk berdiskusi dengan dosen terkait tema, judul ataupun hal-hal yang berkaitan dengan even akademik. “Kami juga memberdayakan alumni untuk membagikan ilmunya kepada mahasiswa prodi Perbankan Syariah,” pungkasnya.

Lomba Essay Davit Khan Nurwakhid menjelaskan bahwa kegiatan yang berlangsung pada tanggal 6 sampai 27 Januari 2023 ini bertujuan meningkatkan daya inovasi dan kreasi yang solutif bagi mahasiswa terkait digitalisasi ekonomi syariah.

“Agar dapat memberikan pemahaman tentang ekonomi syariah di era yang serba digital, dan peserta dapat memberikan pandangan dan pendapatnya mengenai digitalisasi ekonomi syariah,” urainya.

Selain itu, kegiatan ini sebagai upaya melatih dan mengembangkan bakat menulis mahasiswa dalam bentuk essay. Juara I diraih Warga Baroka Sugiarto dari UIN Jember, dan Juara II diraih Rosya Mawaddah Susanto dari UIN Malang. (Za/Is/Zul/Her/Ran)