Peraihan prestasi MAN 1 Jembrana

Peraihan prestasi MAN 1 Jembrana

Jembrana (Pendis) – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jembrana berhasil membawa pulang kemenangan dalam ajang paling bergengsi di Kementerian Agama RI yang diselennggarakan oleh Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. Ajang adu kompetensi tersebut adalah Kompetisi Sains Madrasah Nasional (KSM-N) dan Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) 2022.

Kepala MAN 1 Jembrana, Agus Subagya yang turun langsung mendampingi timnya mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas pencapaian ini. Menurutnya prestasi yang diraih ini akan semakin mengharumkan nama Bali pada ajang bergengsi ini. 

Agus mengaku, sebagai Madrasah yang mewakili Bali, MAN 1 Jembrana berhasil membawa piala dan medali terbanyak.

"Alhamdulillah, MAN 1 Jembrana berhasil mengharumkan nama Bali di ajang bergengsi ini,” ungkap Agus di Jembrana, Sabtu (15/10/2022).

Agus mengungkapkan rasa terima kasih kepada para siswa yang telah berkompetisi, para pembina yang telah membimbing muridnya serta seluruh sivitas MAN 1 Jembrana yang solid mengawal prestasi MAN 1 Jembrana dalam bentuk apapun. 

“Menjadi yang terbaik adalah impian setiap orang dalam sebuah kompetisi, tapi bisa memberikan yang terbaik untuk MAN 1 Jembrana is another level of achievement," ujar Agus dengan penuh rasa bangga. 

Waka Kurikulum MAN 1 Jembrana, Istamar yang berkesempatan mengawal langsung tim MAN 1 Jembrana ke Jakarta pada ajang KSM dan Myres 2022, mengatakan prestasi ini merupakan tolak ukur dari keberhasilan pembelajaran di MAN 1 Jembrana. Menurutnya MAN 1 Jembrana harus terus memperbaiki sistem pembinaan, penyempurnaan strategi dan pelatihan agar kedepannya mencapai hasil yang lebih baik lagi.

"Perbaikan sistem pembinaan, penyempurnaan strategi dan pelatihan akan terus kami lakukan demi hasil yang lebih baik lagi di tahun depan,” tegas Istamar.

Pendamping tim MAN 1 Jembrana,  Luluk Latifatul mewakili ketiga rekannya, Siti Aminah dan Mufidah serta pembina Tim Kampiun dan Hipotesa lainnya berkomitmen untuk memaksimalkan proses pembinaan guna mempertahankan bahkan meningkatkan prestasi MAN 1 Jembrana dari tahun ke tahun.

“Kami, para guru pembina yang mendampingi siswa-siswa kami sejak pembinaan hingga kompetisi dihelat, sangat bangga atas capaian siswa kami, semoga kedepannya, bisa meraih prestasi lebih baik lagi,” tutur Luluk.

Kegiatan tahunan kali ini dibuka langsung oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur pada 10 Oktober 2022 ini berlangsung hingga 14 Oktober 2022 di Asrama Haji. Sementara untuk pengumuman juara dan penutupan dilaksanakan di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta dan ditutup secara resmi oleh Sekjen Kemenag RI Nizar Ali, pada Kamis malam lalu.

Berikut peraihan medali yang berhasil diraih tim MAN 1 Jembrana :
1.    Medali perunggu - bidang studi Matematika Terintegrasi oleh Ikhlas Bintang Ramadhan (XI IPA 5) 
2.    Medali perak - bidang studi Biologi Terintegrasi oleh Mochammad Annas Firmansyah (XII IPA 1)
3.    Medali perunggu - bidang studi Ekonomi Terintegrasi oleh Shalihul Hadi Yusuf (XII IPA 5)
4.    Juara 2 tim Myres MAN 1 Jembrana oleh Muhammad Rizky Pratama (XII IPB) dan Muhammad Haedar Fahmi (XII IPA 1)