Wapres Tinjau Progres Pembangunan UIII

Wapres Tinjau Progres Pembangunan UIII

Depok (Pendis) - Wakil Presiden Jusuf Kalla kembali meninjau progress pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Selasa (15/10).

"Sudah Banyak kemajuan, walaupun di sini masih masalah lahan nya. sudah pembayaran mulai. prosesnya bisa lanjut semuanya. jadi kita harapkan 2021 semua bisa selesai," kata JK usai melakukan peninjauan kampus UIII di Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Pada kehadiran yang disambut Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin didampingi Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Arskal Salim itu, JK meminta kepada semua pihak agar bekerja sama dengan baik. Mulai dari ahli hingga dalam persoalan bahasa. Serta pengiriman mahasiswa. Ia juga berharap dengan adanya kampus UIII ini, mahasiswa luar negeri bisa belajar di Indonesia. Tidak hanya ke Al Azhar tapi bisa belajar di bangsa ini.

"Kita akan buat sebagai center, tentu dengan paham Islam yang moderat yang akan memberikan pemikiran yang jernih tentang Islam," tuturnya.

Lebih lanjut, dipaparkan Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin bahwa UIII didirikan di bawah mandat Peraturan Presiden Nomor 57 Tahun 2016, untuk menjadi model pendidikan tinggi Islam terkemuka dalam studi Islam, Ekonomi dan Keuangan Islam, Ilmu Sosial, Humaniora, Ilmu Pengetahuan dan Seni Terapan hingga Seni Rupa, ucapnya.

"UIII nantinya akan menjadi pusat strategis untuk studi Islam dan masyarakat dunia muslim, untuk menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas tinggi dan menginspirasi, membentuk dan menyebarkan pemikiran dan pengetahuan tentang dunia Islam," jelas Kamaruddin.

Dikatakannya, Kampus UIII yang dikerjakan PT Brantas Abipraya (Persero) akan menampung 7.000 pelajar, dari Magister Program, Doctorate Program hingga Approximate Lecturer nantinya diharapkan mampu menghasilkan sarjana yang memiliki keahlian di bidang studi Islam dan Ilmu Sosial, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi melalui pendekatan multi disiplin sehingga mampu menjadi pusat studi, pelestarian dan pengembangan peradaban Islam. Dan selain menjadi kompleks pendidikan, di kawasan berdirinya UIII nantinya juga dibangun Museum Rasulullah.

Tampak dalam rombongan tersebut, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menrsitekdikti) Mohamad Nasir, Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin, juga turut hadir Rektor UIII Komaruddin Hidayat, Walikota Depok Mohammad Idris, perwakilan Pemprov Jawa Barat, serta duta besar dari beberapa negara sahabat.(Hikmah)


Tags: