Kerjasama

Indonesia-Australia Perkuat Kerja Sama Pendidikan, Bahas Kurikulum Cinta dan Green Theology

Sabtu, 15 Februari 2025 15:42 WIB
Pendis

Pertemuan Antara Ditjen Pendis dengan DFAT Australia

Jakarta Pendis --- Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kementerian Agama RI dan Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT) menggelar pertemuan untuk membahas prioritas kerja sama Pendidikan didampingi oleh INOVASI, pada Jum’at (14/02/2025). Diskusi ini menyoroti sinergi berbagai program di bawah pemerintahan Presiden Prabowo serta penguatan kolaborasi dalam bidang pendidikan dasar, inklusivitas, dan lingkungan.

Tim Stapelton, Minister Counsellor Governance and Human Development, DFAT, menegaskan bahwa Australia terus mendukung sektor pendidikan di Indonesia melalui program kerja sama dengan INOVASI, UNICEF, dan Bank Dunia. Kemitraan ini berfokus pada peningkatan akses dan kualitas pendidikan, terutama bagi siswa di daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) serta penyandang disabilitas. “Kami ingin memahami prioritas Indonesia dalam pendidikan dan bagaimana program yang ada dapat diperkuat untuk mencapai hasil yang lebih optimal,” ujar Tim.

Salah satu agenda utama dalam pertemuan ini adalah integrasi pendidikan dengan kesadaran lingkungan. Sekretaris Ditjen Pendis, Arskal Salim, memperkenalkan konsep Kurikulum Cinta, yang menekankan nilai-nilai kemanusiaan, keagamaan, dan pelestarian lingkungan. “Pendidikan tidak hanya soal pengetahuan kognitif, tetapi juga bagaimana membentuk sikap dan perilaku. Kurikulum ini mengajarkan bahwa menjaga lingkungan adalah bagian dari ajaran agama yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” jelas Arskal.

Selain itu, konsep Green Theology turut menjadi sorotan. Pendekatan ini mengaitkan nilai-nilai teologis dengan kesadaran akan perubahan iklim, mendorong komunitas beragama untuk mengambil peran aktif dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

Sementara itu, Anis Masykhur, Kasubdit Vokasi dan Inklusi pada KSKK Madrasah, menyoroti pentingnya penguatan literasi dan numerasi dalam sistem pendidikan. Susan dari DFAT turut mempertanyakan pendekatan inklusivitas dalam pendidikan serta bagaimana sekolah inklusi di Indonesia dapat dioptimalkan.

Arskal Salim Kembali menegaskan bahwa moderasi beragama tetap menjadi bagian penting dalam pengembangan kurikulum, termasuk dalam program-program kerja sama dengan Australia. “Kami ingin memastikan bahwa nilai-nilai keagamaan dalam pendidikan dapat berjalan sejalan dengan upaya membangun lingkungan belajar yang inklusif dan berkelanjutan,” katanya.

Pertemuan ini ditutup dengan komitmen kedua belah pihak untuk terus memperkuat kolaborasi, khususnya dalam pengembangan kurikulum berbasis nilai kemanusiaan, inovasi pendidikan, dan kesadaran lingkungan.


Bagikan:







Pendis
EMIS

GERBANG DATA PENDIDIKAN KEMENTERIAN AGAMA

Pendis
PPG Daljab Kemenag

Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Kemenag RI

Pendis
SPAN PTKIN 2025

Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN 2025

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.

Pendis
SIMPATIKA

Portal Layanan SIMPATIKA KEMENAG

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan