Kakanwil Kepri : Sinergikan EMIS dengan Penguatan SDM, Koordinasi dan Dukungan Pimpinan

Jumat, 6 Desember 2013 23:26 WIB
Pendis

Kakanwil Kepri : Sinergikan EMIS dengan Penguatan SDM, Koordinasi dan Dukungan Pimpinan

Batam (Pendis) - Kegiatan Koordinasi Evaluasi, Validasi dan Verifikasi Data Awal Pendidikan Islam TP 2013/2014 Tahun Anggaran 2013 merupakan tahap lanjutan dari kegiatan Penguatan Tenaga Pengelola Data Pendidikan Tk. Kanwil/Kankemenag/PTAIN/Kopertais Tahun 2013 yang sudah dilaksanakan oleh Ditjen Pendidikan Islam pada bulan Agustus dan September 2013 lalu.


Setelah tim pendataan EMIS di daerah melaksanakan pemutakhiran data Pendidikan Islam semester ganjil TP 2013/2014 di wilayahnya masing-masing, kini saatnya para pengelola data EMIS dari tingkat Kanwil, PTAIN dan Kopertais harus menyampaikan hasil pemutakhiran data EMIS tersebut kepada Ditjen Pendidikan Islam.


Sebelum disampaikan kepada Dirjen Pendidikan Islam dan selanjutnya akan dipublikasikan untuk masyarakat, data tersebut lebih dahulu harus dievaluasi, divalidasi dan diverifikasi oleh seluruh tim EMIS, dengan melibatkan unsur EMIS pusat, EMIS Kanwil, EMIS PTAIN dan EMIS Kopertais. Hal ini dimaksudkan agar data yang terkumpul dapat diketahui kelengkapan, ketepatan dan keakuratannya.


"EMIS sebagai salah satu entitas penting dalam pengelolaan data baik di tingkat pusat maupun daerah, memiliki peran signifikan dalam pengambilan kebijakan, seperti BOS, BSM, dsb," ujar Kepala Kanwil Kementerian Agama Propinsi Kepulauan Riau Drs. H. Handarlin H. Umar.


"Kegiatan ini akan menjadi sarana untuk untuk meningkatkan kualitas data Pendidikan Islam. Selama ini yang menjadi persoalan dalam proses pengelolaan data adalah kemampuan SDM tenaga pengelola data, koordinasi pusat-daerah dan dukungan dari pimpinan satuan kerja masing-masing," tegas Handarlin dalam acara pembukaan kegiatan yang berlangsung di Batam, 2-4 Desember 2013.


Dalam upaya meningkatkan kualitas data Pendidikan Islam, sesungguhnya memang perlu untuk melakukan proses validasi dan verifikasi terhadap kelengkapan dan keakuratan seluruh variable data Pendidikan Islam yang dikumpulkan. Data tersebut harus memenuhi kriteria lengkap, akurat dan tepat waktu, sehingga dapat digunakan untuk mendukung proses pengambilan kebijakan dan perencanaan program Pendidikan Islam secara efektif, efisien dan tepat sasaran.


Diharapkan dengan penguatan dalam tiga aspek tersebut (SDM, koordinasi dan dukungan pimpinan) maka akan ada peningkatan pengelolaan EMIS dan kualitas data Pendidikan Islam di masa yang akan mendatang, data yang lengkap, akurat dan tepat waktu.

(sya/ra)

Tags:

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.