Penguatan Tata Kelola Melalui Workshop Penyusunan MoU dan PKS

Kamis, 19 Mei 2016 14:12 WIB
Pendis

Penguatan Tata Kelola Melalui Workshop Penyusunan MoU dan PKS

Yogyakarta (Pendis) - Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Bagian Ortala dan Kepegawaian menyelenggarakan Workshop Penyusunan MoU dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Bidang Pendidikan Islam Zona I selama 3 (tiga) hari, yaitu pada 18-20 Mei 2016 di Hotel Grand Tjokro, Yogyakarta. Peserta pada kegiatan ini adalah para pemegang Jabatan Fungsional Umum (JFU) dengan pertimbangan bahwa penyusunan MoU dan PKS umumnya dikerjakan oleh JFU. Oleh sebab itu, kegiatan workshop ini bersifat sangat teknis dengan harapan para peserta akan mampu menyusun MoU dan PKS sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Upaya mewujudkan tata laksana yang baik secara konsisten dilakukan oleh Ditjen Pendidikan Islam. Perolehan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada Ditjen Pendidikan Islam utamanya adalah berkat penyajian tata laksana yang baik. Pemenuhan MoU dan PKS pada setiap kerja sama yang dilakukan adalah langkah penting dalam mewujudkan tata laksana yang baik.

Dalam sambutannya, H. Aceng Abdul Aziz selaku Kabag Ortala dan Kepegawaian, menyampaikan bahwa rencana aksi (action plan) berdasarkan hasil pertemuan dengan KPK adalah perbaikan tata kelola. Demikian pula usulan dari Itjen Kemenag terkait perlunya penyusunan regulasi-regulasi tentang ketatalaksanaan, mengingat peran Ditjen Pendidikan Islam adalah sebagai regulator.

Pada acara pembukaan hadir pula Kepala Kanwil Kemenag DI. Yogyakarta, Prof. Dr. Nizar Ali, M.Ag. Selaku tuan rumah, ia menyampaikan selamat datang kepada panitia dan peserta Workshop Penyusunan MoU dan PKS. Dalam kapasitasnya sebagai Kakanwil, ia menyambut baik penyelenggaraan acara ini, teristimewa karena upaya mewujudkan tata kelola yang baik adalah salah satu misi Kanwil Kemenag DI. Yogyakarta. "Misi nomor tujuh Kanwil Kemenag DI. Yogyakarta adalah mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, akuntabel dan terpercaya," tuturnya.

Nizar Ali mengutarakan bahwa berdasarkan hasil pengamatannya banyak kerja sama yang dilakukan tetapi tidak disertai MoU dan PKS, sehingga auditor menyimpulkan tidak ada kerja sama yang dilakukan. Hal ini tentu saja berpengaruh terhadap penilaian kinerja satker. Melalui penyelenggaraan kegiatan ini, ia berharap akan mampu membenahi kekurangan tersebut.

(nanang/dod)


Tags:

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.