Perkuat Sistem Pelaporan dan Evaluasi Program, Guna Signifikansi Manfaat

Minggu, 9 Agustus 2015 11:33 WIB
Pendis

Perkuat Sistem Pelaporan dan Evaluasi Program, Guna Signifikansi Manfaat

Bogor (Pendis) - Dalam siklus perencanaan dan anggaran, proses pelaporan dan evaluasi program sudah menjadi kewajiban nyata yang harus dipenuhi oleh setiap penyusun program maupun penyusun laporan, tidak hanya sekedar teori belaka. Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam mencamkan bahwa dalam setiap proses pelaporan program pendidikan Islam mutlak ada evaluasi program yang mumpuni agar tercipta kondisi yang mendukung untuk proses perencanaan dan penganggaran yang lebih maju setiap tahunnya, yang nantinya akan berarti bagi kemajuan pendidikan Islam.

Anggaran Ditjen Pendis merupakan anggaran terbesar di lingkungan eselon I Kementerian Agama RI. Oleh karena itu menjadi suatu keharusan ada sistem evaluasi dan pelaporan yang mumpuni guna menunjang kinerja dan akuntabilitas Ditjen Pendidikan Islam. Dalam siklus perencanaan sendiri, untuk memenuhi pencapaian target sesuai tuntutan maka diperlukan proses pertanggungjawaban yang memadai agar tersedia data dan informasi yang cukup untuk bisa dilakukan proses evaluasi dan pelaporan yang baik, oleh karena itulah dibutuhkan sistem pelaporan yang bisa mencakup upaya-upaya tersebut diatas.

Kegiatan Koordinasi Pengelolaan Sistem Pelaporan Program Pendidikan Islam yang berlangsung di Bogor tanggal 5 s/d 7 Agustus lalu, memberi semangat dan motivasi tersendiri bagi para penyusun laporan di seluruh Indonesia, karena di dalam event tersebut Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam Moh. Ishom mencamkan harapan besar untuk senantiasa memperhatikan proses pelaporan dan evaluasi program yang mumpuni dalam setiap laporan yang dibuat, guna menunjang siklus perencanaan dan penganggaran yang maju dan terasa signifikansi manfaat dampak program pemerintah untuk masyarakat luas.

"Setiap pelaporan diharapkan harus selalu ada evaluasinya!, mutlak dari tingkat satker hingga ke pusat. Hal tersebut menjadi kewajiban penting karena pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan saat ini sangat cermat, ada sinkronisasi antara laporan akademik dengan laporan keuangannya, terlebih untuk program-program yang sifatnya inovatif," terang Ishom (05/08/15).

Beliau berharap agar dalam kegiatan yang sangat bermanfaat ini, setiap peserta dapat melakukan diskusi dan mampu menyerap informasi bagaimana cara-cara membuat pelaporan dan evaluasi program pendidikan Islam seteliti mungkin dan tidak bertentangan antara laporan akademik dengan laporan keuangan. Hal tersebut akan menciptakan laporan yang benar-benar baik dan berakumulasi kepada tidak adanya temuan dari BPK.

Namun hal tersebut tidak semata-mata menjadi acuan agar sistem pelaporan program pendidikan Islam bisa menjadi lebih bermutu setiap tahunnya. Berbagai program yang dilaksanakan di lingkungan Ditjen Pendidikan Islam diharapkan tidak hanya sekedar menjadi pencitraan pemerintah, tetapi juga mampu menjadi program-program yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat luas. Dengan adanya sistem pelaporan berbasis evaluasi mumpuni diharapkan terbentuk kemanfaatan dan signifikansi yang jelas arah dan dampaknya.

Selain itu, Sekretaris juga menyampaikan bahwa jika ada feed-back dari publik maka program-program yang digulirkan oleh pemerintah, Ditjen Pendis khususnya dalam hal ini, maka akan menciptakan program-program yang tidak hanya semata-mata melaksanakan amanah Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Saya berharap laporan tidak terhenti di meja-meja pelaporan, namun juga bisa diakses oleh publik, sehingga publik bisa memberikan masukan dan penilaian, agar program Ditjen Pendis tidak stagnan dan mampu memberi dampak yang signifikan bagi umat dan bangsa dalam jangka panjang," tegasnya.

Adapun tujuan dari kegiatan ini antara lain ; a) Silaturahim dan koordinasi operator pelaporan program Pendidikan Islam, b) Mutu pelaksanaan program pendidikan Islam guna akuntabilitas, c) Meningkatkan kemampuan penyusun pelaporan, d) Meningkatkan tata kelola organisasi, e) Sosialisasi pedoman pelaporan dan evaluasi program pendidikan Islam. Disampaikan dalam kegiatan ini beberapa bahan diskusi menarik diantaranya : 1) Kebijakan Teknis Sistem Pelaporan Program Pendidikan Islam, 2) Perencanaan Program dan Anggaran Berbasis Evaluasi Capaian Program, 3) Sistem Pengelolaan Pelaporan Program Kementerian Agama (Refleksi Sistem Pelaporan e-MPA), 4) Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Program Pendidikan Islam, 5) Sosialisasi Pedoman Pelaporan dan Evaluasi Program Pendidikan Islam, 6) Hasil Pemantauan dan Evaluasi Pelaksanaan Program Pendidikan Islam, dan 7) Problematika Sistem Pelaporan dan Evaluasi Program Pendis.

(sya/dod)


Tags:

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.