SMART, Aplikasi Terpadu Berbasis Web Evaluasi Kinerja Kemenag

Jumat, 22 Juli 2016 00:00 WIB
Pendis

SMART, Aplikasi Terpadu Berbasis Web Evaluasi Kinerja Kemenag

Jakarta (Pendis) - Dalam proses penyusunan pagu anggaran Kementerian Agama dipantau oleh Kementerian Keuangan melalui aplikasi terpadu berbasis web sebagai sarana (tools) dengan tujuan memudahkan Kemenag memonitor capaian kinerja beserta progres/ kendala atas pelaksanaan RKAKL tahun anggaran berjalan setiap saat, meningkatkan early warning dalam upaya meningkatkan capaian kinerja anggaran belanja yang sedang dilaksanakan, feedback peningkatan kualitas perencanaan tahun anggaran berikutnya (quality of spending) dan bahan pertimbangan penerapan sistem ganjaran dan sanksi dalam penetapan pagu anggaran Kemenag.

Aplikasi Sistem Monitoring dan Evaluasi Kinerja Terpadu (SMART) atas pelaksanaan rencana kerja dan anggaran kementerian negara/ lembaga (RKA-K/L), berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 249/PMK.02/2011. Penerapan aplikasi ini merupakan turunan dari UU No.17/2003 tentang Keuangan Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 90 tahun 2010 tentang Tata Cara Penyusunan RKA-K/L, mengamanatkan bahwa ; 1) Menteri/ Pimpinan Lembaga selaku pengguna anggaran (PA) wajib menyusun RKAKL dan harus menggunakan penganggaran berbasis kinerja (PBK), melakukan pengukuran evaluasi kinerja atas pelaksanaan RKAKL tahun sebelumnya dan tahun anggaran berjalan.

Selanjutnya, 2) Kementerian Keuangan dengan ketentuan lebih lanjut mengenai pengukuran dan evaluasi kinerja atas pelaksanaan RKAKL diatur dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 249/PMK.02/2011 tentang Tata Cara Monev Kinerja atas Pelaksanaan RKAKL. Dalam rangka penyusunan RKAKL, menetapkan pagu anggaran K/L dengan berpedoman pada kapasitas fiskal, besaran pagu indikatif, renja K/L dan memperhatikan hasil evaluasi kinerja K/L, 3) Kementerian Keuangan dan BAPPENAS sesuai dengan tugas dan kewenangan masing-masing melakukan pemantauan dan evaluasi pencapaian kinerja K/L.

"Isi SMART dengan lengkap dan baik sebagai evaluasi penganggaran berbasis kinerja, di dalamnya terdapat realisasi volume satuan, menjadi penting bagi Kemenag untuk pertimbangan penganggaran tahun berikutnya dan kelancaran proses pencairan di KPPN oleh satker daerah di bawah binaan Ditjen Pendidikan Islam," ujar Heru Novandi, Kasi pada Ditjen Anggaran Kementerian Keuangan.

Kedudukan evaluasi kinerja merupakan instrumen penganggaran berbasis kinerja (PBK) yang bertujuan meningkatkan efisiensi dan efektivitas dari pengeluaran pemerintah di tahun berjalan sebagai early warning demi meningkatkan capaian kinerja menjadi lebih baik dan pada tahun anggaran mendatang sebagai feedback bahwa rencana anggaran yang diajukan dikaji berdasarkan evaluasi kinerja.

Adapun aplikasi SMART sangat memperhatikan tiga aspek penting yakni diantaranya ; 1) aspek implementasi yaitu mengevaluasi pelaksanaan program berupa indikator penyerapan, capaian keluaran, konsistensi dan tingkat efisiensi, 2) aspek manfaat dengan cara mengevaluasi hasil pelaksanaan program dengan indikator pencapaian hasil, 3) aspek konteks yakni mengevaluasi relevansi program dengan need/problem sesuai dengan dinamika sosial ekonomi. Ketiga aspek diatas guna mendukung akuntabilitas anggaran negara melalui kekuatan kinerja (to improve) dan keuangan (to prove).

"Presiden Joko Widodo sangat perhatian terhadap realisasi anggaran. Beberapa program unggulan dan prioritas sangat menjadi andalan pembangunan nasional, salah satu indikator yang menjadi bahan pengambilan keputusan adalah serapan anggaran," tukas Kabag Perencanaan dan Sistem Informasi Setditjen Pendis, Kastolan, dalam materi yang dibawakannya di kegiatan Penyusunan Pagu Anggaran Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Tahun Anggaran 2017 di Jakarta (20/07/16), senada dengan materi Kementerian Keuangan.

Aplikasi SMART terdiri atas: a) 3 (tiga) layer user K/L yaitu (i) layer satker (pelaksana program), (ii) layer unit eselon I (penanggungjawab program), (iii) layer Menteri/Pimpinan Lembaga (pengguna anggaran), dan b) 1 (satu) layer user Kementerian Keuangan C.q. Ditjen Anggaran (monev kinerja seluruh K/L), c) data untuk keperluan pengukuran dan evaluasi kinerja, meliputi antara lain data program dan kegiatan, pagu dan realisasi anggaran, dan target output sudah tersedia dalam aplikasi monev anggaran, d/a. monev.anggaran.depkeu.go.id. (sya/dod)


Tags:

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.